by

Bandara Selaparang di Mataram Jadi Pusat MICE

MATARAM – Bandar udara Selaparang, adalah Bandara yang terletak di Kota Mataram, Lombok. Dulunya Bandara Selaparang adalah satu satunya akses masuk ke Pulau Lombok melalui jalur udara.

Sejak dioperasikannya Bandara International Lombok (BIL) terhitung mulai 30 September 2011 Bandara Selaparang secara resmi ditutup. Hingga saat itu kegiatan di bandara tersebut dihentikan walaupun  sempat digunakan sebagai bandara sekolah penerbangan.

Bandar Udara Selaparang adalah bandara yang terletak di Kota Mataram, Lombok memiliki panjang landas pacu 2.100 meter. Bandara ini resmi ditutup 30 September 2011 ini dibuka kembali pada tanggal 7 April 2014 untuk kepentingan sekolah penerbangan Bali International Flight Academy (BIFA) dan Lombok Institute Flight Technology (LIFT).

Angkasa Pura melalui anak perusahaannya, Angkasa Pura Property (APP), merencanakan menghidupkan kembali kawasan ex bandara tersebut. “ Kami berencana untuk menghidupkan ex bandara Selaparang tersebut sebagai tempat gelaran event dan kegiatan MICE di masa mendatang” ujar Direktur Operasi APP Renny Soviahani sewaktu bertemu Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Mataram Lalu Alwan Basri, di  Kantor Wali Kota Mataram, Selasa 27 Desember 2022.

Tak hanya itu, Rennym  Sovihani, mengatakan, jalur pacu pesawat atau run way yang berada di ex bandara tersebut, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan drag race atau balap motor, yang selama ini menjadi sebuah kegiatan liar yang mengganggu kenyamanan dan keamanan
pengendara motor, karena dilakukan di jalanan umum.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh pejabat dinas terkait antara lain, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Badan Keuangan Daerah, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perhubungan, PT APP bermaksud untuk berkoordinasi serta meminta dukungan dari Pemerintah Kota Mataram untuk menghidupkan ex bandara Selaparang tersebut.

Mewakili Wali Kota Mataram Mohan Roslikana, Asissten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mataram Lalu Alwan Basri, menyambut baik rencana menghidupkan ex bandara Selaparang, karena hal tersebut akan bedampak positif bagi pelaku UMKM di Kota Mataram. “Kami menyambut baik rencana ini, karena hal tersebut akan menyebabkan multiple effect bagi Kota Mataram. Tentu saja secara tehnis dan lain sebagainya akan kita bicarakan secara lebih mendetail di kemudian hari.” ucap Alwan Basri.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi mengapresiasi gagasan ini. Hal ini dikarenakan selaras dengan rencana Dinas Pariwisata untuk menjadikan ex bandara tersebut sebagai salah satu destinasi wisata baru di Kota Mataram. “Kalau ex bandara tersebut sudah tertata dengan baik, rapi dan cantik, selain bisa menjadikannya sebagai destinasi wisata baru, juga bisa menjadi tempat berkumpulnya komunitas komunitas kreatif dan juga UMKM, ” kata Nizar Denny Cahyadi.

Seluruh kepala dinas terkait sangat mengapresiasi rencana ini. Bila wacana ini terwujud, tentu akan menjadi magnet baru bagi masyarakat maupun wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Mataram.(*)