by

Bandara Ngurah Rai Padat Bandara Lombok Alternatif Parkir Pesawat Tamu G20

Praya – Bandara Internasional Lombok (BIL) sudah siap dijadikan lokasi parkir pesawat terbang peserta G20 di Bali. PT Angkasa Pura I (AP I) – BIL sudah selesai melakukan perluasan dan perpanjangan landas pacu dari semula 2.700 meter menjadi 3.300 meter. Penambahan fasilitas lainnya adalah di dalam gedung terminal keberangkatan dan kedatangan.

Kesiapan BIL dilakukan sebelum penyelenggaraan peserta dan penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika.  ‘’Sebagai alternatif, dua pesawat peserta dari Uni Eropah akan berada di BIL,’’ katanya. TNI AU juga menempatkan pesawatnya di BIL untuk mengawal ketersediaan pesawat.

Bnadara Ngurah Rali di Bali sudah membagi penempatan pesawat. Jadi tidak hanya BIL namun juga menempatkan pesawat peserta di bandara sekitarnya.

Selama berlangsungnya G20, BIL mulai 12 November akan melakukan operasional selama 24 jam. Ini merupakan peningkatan kembali setelah adanya pandemi menjadi 14 jam. Selama ini BIL 5-6 ribu orang penumpang dalam sehari atau setahun 2,I juta orang pernumpang yang datang dan pergi dan target setahun akan meningkat menjadi tujuh juta orang.

Jam operasional BIL mulai puku 6 pagi hingga pukul 20  malam. Selama ini ada 60 pergerakan pesawat yang datang dan pergi.

Kedatangan pesawat pembalap dan crew selama 3 November  – 9 November 2022. ‘’Mereka tidak datang secara bersamaan. Karena tergantung perjalanan masing-masing,’’ ujarnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed