by

Bandara Internasional Lombok Pertama Kali Akan Didarati Pesawat Terbesar

PRAYA – Penerbangan calon jemaah haji dari Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun ini menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis B777-300ER. Pesawat ini akan menjadi pesawat penumpang terbesar yang pertama kalinya mendarat di Bandara Internasional Lombok (BIL).

Ini karena memang secara fasilitas sisi udara, BIL sudah bisa mengakomodir pesawat jenis tersebut. Dalam proses keberangkatan, pemeriksaan orang dan bagasi oleh airport security akan dilakukan secara terpadu di Asrama Haji NTB, Mataram.

Menurut Stakeholder Relation Manager Arif Haryanto kepada Tempo, Selasa 7 Juni 2022 sore, dari BIL yang memiliki panjang landas pacu 3.300 meter lebar 45 meter dan PCN 64 (atau pavement classification number yaitu sistem untuk menilai kekuataan permukaan landasan, taxiway atau apron), sebanyak 2.054 orang calon jemaah haji dan 20 orang tenaga kesehatan yang tergabung dalam enam kelompok terbang (kloter). ‘’Mereka akan diberangkatkan oleh maskapai Garuda menggunakan enam pesawat Boeing 777 – 300ER masing – masing kloter mengangkut 389 orang langsung menuju Jedah,’’ katanya.

Tanpa melalui terminal keberangkatan di BIL, para CJH dari Asrama Haji NTB akan dibawa ke bandara dengan bis yang berfungsi sebagai ruang tunggu keberangkatan berjalan. Setibanya di bandara, bis akan langsung menuju apron dan mendekat ke pesawat udara. ‘’Sehingga diharapkan para pengantar tidak perlu datang ke bandara,’’ ujarnya.

Jika memang ingin berinteraksi atau melakukan perpisahan dengan keluarganya bisa dilaksanakan di Asrama Haji Mataram.

Sebelumnya, akhir pekan lalu, Sabtu 4 Juni 2022, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) bersama Angkasa Pura I melakukan bersih-bersih area Bandara Internasional Lombok (BIL) menjelang dibukanya embarkasi haji mulai 20 Juni 2022 mendatang.

Bersih – bersih di areal bandara sseluas 551 hektar sebagai bandara terluas kedua setelah Soekarno – Hatta dilakukan juga untuk menyambut digelarnya tahun 2022 ini, GT World Challenge Asia, World Superbike, dan lainnya. Juga Motorcross Grand Prix (MXGP) walaupun lokasinya di Sumbawa Besar.

General Manager Bandara Lombok. Rahmat Adil Indrawan mengatakan keberhasilan event-event ini tentunya akan semakin mengangkat Lombok dan NTB sebagai destinasi internasional. ‘’Kegiatan bersih – bersih ini adalah sebuah sinergi dan upaya bersama dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih di Bandara Lombok sebagai pintu gerbang Lombok dan NTB,” katanya.

Bersih – bersish ini juga dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap 5 Juni.  Kegiatannya melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi NTB, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi NTB, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTB, Badan Pengkajian dan Penerapan (BPPT) NTB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) NTB, serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Tengah.

Selain itu ikut hadir perwakilan Satlak Elang Latsitarda Nusantara, Komunitas We Save, Trash Hero Sengkol, Karang Taruna Kecamatan Pujut, Pramuka Kwarda NTB, serta dari internal PT Angkasa Pura I Bandara Lombok.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed