by

Bandara Internasional Lombok Ingin Tingkatkan Layanan Penerbangan

PRAYA – Guna meningkatkan layanan operasional, PT Angkasa Pura I – Bandara Internasional Lombok (AP I – BIL), setelah Air Asia membuka penerbangan baru Kuala Lumpur – Lombok selain Air Asia Indonesia, mengundang penerbangan langsung Lombok dari Australia dan Brunai Darussallam, Makassar serta Kuala Lumpur. Juga, akan melakukan pembenahan ruang pengantaran penumpang calon Jemaah Umroh maupun keberangkatan calon tenaga kerja Indonesia utamanya ke Kuala Lumpur Malaysia..

Bahkan, General Manager PT Angkasa Pura I – Bandara Internasional Lombok (BIL) Minggus E.T Gandeguai juga ikut menginisasi adanya ketersediaan toko dan rurmah makan khas lokal agar menambah dan memudahkan penumpang pesawat yang akan bepergian maupun yang baru tiba di Lombok. ‘’Sudah 11 tahun keberadaan BIL. Harus bisa menarik perhatian penumpang. Misalnya adanya rumah makan Ayam Taliwang, nasi Puyung atau lainnya,’’ kata Minggus. ET Gandugai sewaktu mengadakan Media Gathering, Selasa 27 Februari 2024 pagi.

Kehadiran pusat perbelanjaan ini agar ikut menambah jumlah penumpang pesawat yang melakukan perjalanan melalui BIL. Ia  juga akan memberikan kesempatan anak-anak Taman Kanak-Kanak bisa bermain di halaman taman bunga di dalam kawasan BIL Atau perlunya  program naik pesawat dan fasilitas olahraga memanah yang sejak dahulu sudah dilakukan Nabi Muhammad. ,’’Saya ingin ada airport city yang dilengkapi keberadaan wisata air, alam atau kuliner, Bahkan menyediakan lahan drag race  ujarnya.

BIL yang memiliki luas lahan 560 hektar dsn panjang landas pacu 3.300 meter yang bisa didarati pesawat B 777, kemudian tersedia 24 parkir stand pesawat tetapi baru tiga parkir stand yang di Tanak Awu Lombok Tengah ini beroperasi sejak 2011 meninggalkan Bandara Selaparang di Kota Mataram.

Minggus membenarkan terkendala mahalnya ticket pesawat ke Lombok dari Jakarta dan Bali. BIL pun jika harga ticket pesawat dari dan ke Bali harga ticketnya Rp 700 ribu, ‘’Sama dengan harga ticket kapal cepat dari Bali ke kawasan wisata Gili Trawangan, Gili Meno atau Gili Air. ‘’Wisatawan meggunakan kapal cepat dari Bali,’’ ucapnya.

2 Februarri 2024 lalu AP I – BIL menyambut kedatangan penerbangan internasional perdana maskapai asal Malaysia, AirAsia Berhad (AK) rute Kuala Lumpur-Lombok (KUL-LOP).  Minggus E.T. Gandeguai mengatakan AirAsia Berhad, rute internasional Lombok-Kuala Lumpur saat ini juga dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia yang frekuensi penerbangannya tujuh kali seminggu dan Super Air Jet tiga kali seminggu.

Selain ke Kuala Lumpur, rute internasional dari Lombok juga tersedia untuk tujuan Singapura yang dilayani oleh maskapai Scoot dengan frekuensi empat kali dalam seminggu. Sementara untuk rute domestik, saat ini ada ada enam destinasi dari Bandara Lombok dengan tujuan Jakarta (CGK), Surabaya (SUB), Yogyakarta (YIA), Bali (DPS), Bima (BMU), dan Sumbawa Besar (SWQ), yang dilayani maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, dan Wings Air.(*)