by

Awal Tahun 2021 Bersih-Bersih Senggigi

SENGGIGI – Awali 2021 ini, para pelaku usaha pariwisata dan komunitas peduli di Lombok Barat (Lobar) mengisinya dengan tetap melakukan aksi bersih tempat wisata. Meski tidak ada perayaan pergantian tahun baru 2021 di Lobar yang menimbulkan tumpukan sampah, namun pagi tadi Sabtu 2 Januari 2021 Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar tetap melakukan aksi bersih-bersih di kawasan wisata Senggigi.

Bersama sejumlah komunitas peduli lingkungan dan komunitas pariwisata seperti Lombok Ocean Care (LOC), Gerakan Masyarakat Wirausaha Nusa Tenggara Barat (Gemawira NTB), Sahabat Pariwisata Nusantara (Sapana), Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram, Dispar Lobar yang langsung dipimpin Saepul Akhkam melakukan aksinya di sepanjang jalan kawasan Senggigi.

“Walaupun tidak ada perayaan tahun baru,  kegiatan rutin kami di Dispar Lobar yakni bersih-bersih kawasan wisata tetap kami lakukan,” kata Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam usai kegiatan.

Posisi Senggigi sebagai  icon pariwisata dikatakan Saepul Akhkam harus tetap bisa menjadi contoh bagi setiap kawasan wisata lainnya terutama dalam hal kebersihan. Walaupun di tengah-tengah orang yang sebagian besar masih sedang libur, pegiat LOC, LCC, Himpunan Pramuwisata Indonesia Lombok Barat, Gemawira NTB, Sapana, mahasiswa STP, dan sejumlah masyarakat sekitar tetap bisa meluangkan waktu untuk ikut kegiatan bersih-bersih hari ini. ”Kami juga dibantu oleh teman-teman volunteer dari Filipina dan beberapa warga asing expatriat ikut turun membersihkan jalan kawasan Senggigi,” ujar Akhkam.

Selain juga langsung dipantau oleh Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid, kegiatan ini juga disambut baik oleh para pelaku wisata.

Sapana sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh Dispar Lobar. Ini adalah suatu yang luar biasa, di saat seperti ini disadari bahwa bisnis pariwisata sedang lesu, namun di balik itu ada hikmah yang bisa diambil. ”Bahwa di balik lesunya pariwisata ini, bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut kedatangan tamu-tamu kita,” ucap Ketua DPD Sapana NTB Lalu Puguh Mulawarman.

Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang tepat untuk mempersiapkan pariwisata khususnya di Lobar untuk menyambut kedatangan para pengunjung nantinya. ”Jangan sampai nantinya, jika tidak bersiap-siap, ketika kemudian tamu datang, saatnya tamu ramai, kita gagap, ” katanya.

Karena menurutnya bisa jadi karena sepinya pengunjung, lalu pelaku abai menyiapkan, seperti bersih-bersih di daerah wisata yang tidak dilakukan. Daerah-daerah tersebut nantinya akan menjadi daerah yang tidak terawat, daerah yang tidak berpenghuni, kemudian menjadi daerah yang tidak menarik untuk dipandang.

Sebelumnya, 46 daerah tujuan wisata di Lobar,  26 Desember 2020 lalu menerima bantuan sarana prasarana kebersihan dari dana hibah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Kegiatan ini juga dirangkai dengan sosialisasi dan implementasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE).

Sebelumnya, melalui dana hibah pariwisata tahap I yang disalurkan beberapa waktu lalu, jajaran Dinas Pariwisata Lobar sudah menyalurkan bantuan sarpras kebersihan ke 14 DTW yang ada.

Jika sebelumnya kegiatan dilakukan di masing-masing DTW, kali ini kegiatan dilakukan di empat titik secara paralel, yakni di Dermaga Tawun Kecamatan Sekotong, Pantai Uringin Kuranji Kecamatan Labuapi, Kolam Renang Manggong Kecamatan Lingsar, dan Pantai Loco Kecamatan Batulayar.

Dari total dana hibah yang diterima Lobar sebesar Rp 13.59 miliar, sebanyak 70 persen disalurkan kepada pelaku usaha hotel dan restoran untuk mendukung operasional sehari-hari seperti pembayaran gaji karyawan, listrik, air, asuransi, serta menerapkan protokol kesehatan CHSE.

Selebihnya 30 persen diberikan kepada pemda untuk menunjang pariwisata, diantaranya revitalisasi prasarana kebersihan, pengawasan penerapan CHSE, dan lainnya. Dana hibah sendiri dilakukan dalam dua tahap. Masing-masing sebesar 50 persen dari total dana yang akan dicairkan.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed