by

Atraksi Budaya Menyambut Ultah Nusa Tenggara Barat

MATARAM – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Nusa Tenggara Barat (NTB) ke 64, berbagai atraksi budaya. Ada parade dan gelar budaya di berbagai daerah kabupaten. Dimulai Sabtu 10 Desember 2022, di kota Mataram, Pemerintah Provinsi NTB menggelar lomba Fun ASN NTB Triathlon 2022 di kawasan Taman Hiburan Rakyat, Loang Baloq Mataram. Pemerintah Provinsi NTB menyelenggarakan Fun ASN NTB Triathlon.

Keesokan harinya, Ahad 11 Desember 2022,  ratusan pelajar mengikuti parade dan gelar budaya di lapangan Kantor Bulati Kabupaten Lombok Utara, Ahad – Selasa, 11 – 13 Desember 2022.

Fun ASN NTB Triathlon 2022 yang Zulkieflimansyah yang mengatakan atrtaksi yang diselenggarakan sebagai ajang memperkuat kebersamaan ASN NTB.

Triathlon adalah kegiatan yang bernuansa sport tourism. Triathlon menggabungkan 3 cabang olahraga yaitu Renang, Sepeda dan Lari, sebagai bagian dari rangkaian HUT NTB ke-64 khusus ASN di Lingkup Pemerintah Provinsi NTB. ‘’Triathlon dilaksanakan untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar ASN di Provinsi NTB, ‘’ kata Zulkieflimansyah.

Zulkieflimansyah berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi NTB dalam memperkuat kerjasama ASN NTB dalam membangun daerah yang lebih baik ke depannya.

Beberapa bulan yang lalu, di NTB sukses menyelenggarakan event Iron Man. Manusia terkuat mengikuti lomba lari, renang dan sepeda. ‘’Hari ini ASN NTB juga melakukan hal yang sama meski tak sehebat Iron Man tapi tetap happy, ‘’ ujar Zul.

Kegiatan Fun ASN NTB Triathlon diikuti ribuan ASN yang berpartisipasi memeriahkan lomba renang, sepeda dan lari.

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah sewaktu menghadiri parade budaya di Kota Tanjung iibukota Kabupaten Lombok Utara mengatakan  seluruh keindahan tradisi dan budaya ini sekuat mungkin dipelihara dan dicintai oleh generasi muda sebagai pondasi semaju apapun perkembangan budaya dunia.  Oleh karena itu, ikhtiar mengenalkan dan mengembangkan kebudayaan harus dimulai sejak usia sekolah. ‘’Agar tidak hanya digelar dan diparadekan tapi mengakar dan hidup dalam keseharian,’’ ucap Sitti Rohmi Djalillah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB Aidy Furqon mengatakan, parade dan gelar budaya ketiga ini akan rutin dilakukan sebagai upaya menaikkan indeks kebudayaan. NTB saat ini masuk dalam lima besar nasional. Skor NTB peringkat tiga setelah DIY dan Bali. Parade dan gelar budaya ini salah satu agenda pemajuan kebudayaan kita di NTB, ” katanya.

Rangkaian kegiatan gelar budaya berlangsung hingga Selasa 13 Desember 2022 berupa kegiatan lomba, pameran produk SMK, ekspresi budaya dan puncaknya penganugerahan kebudayaan.

Pesertanya pelajar, dinas, organisasi dan kelompok  masyarakat seniman dan budayawan dari sepuluh kabupaten/ kota, NTB berharap dapat terus melakukan pemajuan kebudayaan dari tahun ke tahun.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *