by

Astindo NTB Selenggarakan Lombok Open Golf Tournament

MATARAM – Guna menghidupkan paket wisata di Lombok dan Sumbawa, Asosiasi Travel Agent Indonesia  Nusa Tenggara Barat (Astindo NTB) menyelenggarakan Lombok Open Golf Tournament (LOGT), Sabtu 17 September 2022 kemarin. Sebanyak 135 orang pemain golf yang berasal dari berbagai kota besar di Indonesia, meramaikan pertandingan golf di lapangan Lombok Golf  Kosaido Country Club, di tepi pantai Sire Lombok Utara.

Sire berada di seberang pulau wisata Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air. Terdekat yaitu paling timur adalah Gili Air, kemudian di tengah Gili Meno dan paling barat adalah Gili Trawangan. Semula setiap harinya, sebelum pandemi Covid-19 ketiga pulau wisata ini dikunjungi 3.000an wisatawan mancanegara yang datang dari Padangbai Bali menggunakan fast boat (kapal cepat). Selama pandemi bisa dikatakan nihil.

LOGT yang semula ditargetkan diikuti 120 orang, dibuka oleh Ketua Astindo NTB Sahlan M Saleh bersama Direktur PT Bank NTB Syariah Kukuh Rahardjo yang bersama – sama melakukan pemukulan bola asap. ‘’Kami tidak menduga antusias pegolf nasional datang meramaikan event ini,’’ kata Sahlan kepada Tempo.

Melihat antusias peserta LOGT, Sahlan menyebut event ini berpotensi dijadikan event tahunan Asosiasii Travel Agent Indonesia (ASTINDO) NTB. “Kami tidak menduga sebelumnya, event disambut antusias peserta dari berbagai daerah,’’ katanya.

Event LOGT akhirnya mampu mendatangkan peserta dari berbagai daerah melebihi target sebelumnya. Dukungan dari berbagai pihak, menjadi kunci sukses kelangsungan event ini. “Panitia LOGT 2022 berhasil menghadirkan 135 peserta dari target 120 peserta. Kerja keras teman-teman panitia, menjadi semangat tersendiri bagi kami, untuk bisa menyelenggarakan event ini secara lancar dan sukses. Dukungan dari para sponsor ikut memberi energi positif untuk suksesnya event ini,” ucap Ketua Panitia LOGT Kertajadi.

Melihat potensi dan dampak positif dari event ini, lanjut Kertajadi, menjadi motivasi tim dan ASTINDO NTB bisa menggelar event ini secara rutin. Ke depan, persiapan panitia akan dilakukan lebih matang agar event ini bisa menghadirkan peserta lebih banyak. Tetapi tetap mengukur diri, dengan memperhatikan fasilitas dan infrastruktur lapangan golf.  ‘’Ekspektasi penyelenggara, ke depan, event ini bisa digelar dengan skala yang lebih luas. Melibatkan club-club golf lokal, nasional dan internasional,” ujar.

Satu hal yang membuat penyelenggara lebih termotivasi adalah, event ini bisa memberi dampak positif. Khususnya bagi pertumbuhan dan kemajuan pariwisata NTB. Dampak jangka pendeknya, UMKM dan sendi-sendi ekonomi masyarakat ikut tersentuh. Inilah yang menjadi harapan kami, dimana event yang diselenggarakan Astindo NTB memberi manfaat lebih besar bagi masyarakat Lombok Sumbawa dan pariwisata secara luas.

Beberapa orang peserta berkebangsaan asing, dilihatnya cukup senang bisa mengambil bagian dalam event ini. Kami melihat ada potensi besar, event ini akan kami jadikan sebagai event tahunan. Motivasi lain dari event ini, yang utama adalah memberi manfaat bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok,” ujar Sahlan.

Kukuh Rahardjo yang mewakili Gubernur NTB, mengaku sangat mendukung pelaksanaan acara yang dihadiri club-club golf dari berbagai daerah. Event ini menurutnya, sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata Lombok Sumbawa. “Sambil  mencari sehat, seluruh peserta bisa melihat langsung potensi objek wisata Lombok. Kami mengundang bapak-ibu peserta Lombok Open Golf Tuournament, tidak saja untuk mengikuti event selanjutnya. Tetapi juga bisa datang kapan saja sekedar menikmati keindahan Lombok bersama keluarga. Kami juga punya potensi besar dari pelaku usaha kecil dan menengah, untuk bapak-ibu bawa pulang sebagai oleh-oleh,” ucap Kukuh berpromosi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed