by

Aspal Dibersihkan Sebelum dan Sesudah Balapan

THE MANDALIKA – Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memastikan penyelenggaraan balapan pada  sesi laltihan bebas satu pada hari pertama 11 November 2022 berjalan dengan lancar. Baik itu segi balapan maupun non balapan berjalan dengan lancar. Usai pembalap melakukan balapan, dua mobil pick up double cabin selalu membersihkan trek sirkuit. Hal ini karena ban-ban pembalap biasanya copot kegerus yang dimana serpihan ban-ban yang menempel disapu menggunakan mobil tersebut.

Chairman WSBK Mandalika 2022 Samsul Purba menerangkan saat sesi latihan bebas satu terdapat satu kali terjadi red flag dimana marka yang dipinggir agak lepas sedikit. Lebih lanjut mengungkapkan, sebenarnya kemarin Kamis (11/10/2022) MGPA menawarkan kepada Dorna Sports untuk melakukan gerinda namun Dorna menganggap hal tersebut tidak diperlukan.

“Sudah dibersihkan dan sudah beres. Tidak ada komentar dari Dorna mengenai masalah aspal sejauh ini,” kata Samsul.

Direktur MGPA Priandhi Satria mengemukakan terkait hujan yang mengguyur sirkuit Mandalika kemarin, hingga saat ini lintasan sirkuit tidak mengalami permasalahan apapun. Samsul memastikan per lima belas menit safety car Dorna selalu memasuki lintasan memastikan aspal sirkuit dalam keadaan aman. Tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana ketebalan air di trek.

“Jika aman maka pembalap akan langsung ganti ban dan segera melangsungkan balapan. Biasanya yang jadi masalah adalah jarak pandang namun selagi jarak pandang tidak mengganggu maka biasanya tidak dihentikan balapannya,” ujar Priandhi

Pembalap juga telah mengikuti track Familiarisation atau biasa disebut Track Walk yang dimana sesi ini mengikuti Track Technical Test dan Track Safety Inspection. Sesi ini telah dijadwalkan dari pukul 14.30 WITA hingga 16.00 WITA kemarin. Sesi yang sering dinamakan sesi “mapping” oleh para pebalap Indonesia ini sangat berharga untuk kans kemenangan pebalap.

Pada sesi ini, para pebalap biasa berkeliling bersama manajer, tim, mekanik, di mana semua dapat berdiskusi langsung untuk mengatur strategi. Namun, waktu bebas tersebut juga digunakan para pebalap sebebas mungkin. Apakah akan turun ke trek sepanjang sesi, sebagian, atau bahkan tidak sama sekali.

“Sejak kemarin, kru dan pembalap WSBK Mandalika telah melakukan finalisasi set up, mengatur barang-barang dan lain sebagainya,”  pungkas Priandhi.

Dari track walk tersebut, pembalap juga bisa berdiskusi dengan timnya terkait ban (misal memperhitungkan level keausan) dan pemilihan kompon yang pas. Mereka juga bisa menentukan setelan awal untuk mesin dan motor.

Setelah sukses diselenggarakan pertama kali tahun lalu, kini World Superbike (WSBK) 2022 kembali digelar di Sirkuit Mandalika. WSBK Mandalika 2022 berlangsung selama tiga hari dan akan dimulai hari ini, Jumat – Ahad, 11 – 13 November 2022.

Pertamina Mandalika International Street Circuit menjadi tuan rumah ke-11 untuk gelaran WSBK 2022. Rangkaian jadwal WSBK 2022 di Mandalika dimulai dari sesi latihan bebas atau free practice 1 dan 2.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed