by

Aman dari Covid, Kuota Pendakian Rinjani Ditambah

MATARAM – Dirasa aman dari ancaman covid-19, kuota pendakian ke gunung Rinjani ditambah. Jika semula sehari dibatasi hanya 50 persen dari masa normal 700 orang melalui enam pintu pendakian, terhitung 4 Mei 2022 mendatang ditambah kuotanya menjadi 75 persen. Waktu pendakian pun ditambah semula hanya dua malam tiga hari menjadi tiga malam empat hari.

Sabtu 23 April 2022 kemarin, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR)  Dedy Asriady mengatakan memenuhi animo pendakian yang meningkat dan seizing Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, maka kuota dan waktu pendakian ditambah. ‘’Minat pendakian ke Rinjani tinggi sekali,’’ katanya.

Jumlah persentase kuota yang ditetapkan untuk pendakian ke Rinjani ini tertinggi di Indonesia. Pendakian gunung yang lainnya sekitar 30 persen dan waktunya selama dua malam. ‘’Ini karena Rinjani mampu  menjadi perhatian pendakian nasional maupun internasional. Baru satu-satunya obyek pendakian yang diizinkan tiga malam empat hari. Spesial banget,’’ ujar Dedy Asriady.

Sebagai satu-satunya destinasi wisata super prioritas pendakian gunung, Rinjani memiliki keragaman akitivtas pendakiannya. Disebutnya ada danau Segara Anak yang bisa dijadikan lokasi pemancing mania dan juga ada Aik Kalak tempat mandi air panas. ‘’ Idealnya dua malam tiga ahari ukup ke puncak Rinjani.  Cuman aktivitasnya di Rinjani itu beragam. Bahkan banyak yang minta lamanya seminggu. Memang sorga,’’ ucapnya. Kalau di tempat lain hanya ke puncak saja.

Semula pintu pendakian Senaru dan Sembalu masing-masing 150 orang. Dan empat pintu lainnya seperti Titi Batu, Torean, Aik Berik dan Timbanuh.  Senaru, Sembalun dan Torean memiliki akses ke danau sehingga selalu penuh. ‘’Full booked karena memiliki akses ke danau,’’ katanya.

Menurut Pengendali Ekosistem Hutan Balai TNGR Budi Soemardi, Rinjani selama lima tahun terakhir ini didatangi oleh 212.856 orang yang terdiri dari 72.451 orang wisatawan mancanegara dan 140.405 orang wisatawan nusantara. Dua tahun terakhir, 2020 sebanyak 22.596 orang dan 2021 sebanyak 39.206 yang terinci pengunjung mancanegara 441 orang sedang pengunjung nusantara 38.785 orang.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed