by

Akibat Hujan Tebing Jalan Senggigi Longsor

MATARAM – Hujan berkepanjangan sejak Jum’at 5 Februari 2021 hingga Sabtu 6 Februari 2021 dini hari menimbulkan tanah longsor dan pohon bertumbungan yang juga mengakibatkan robohnya tiang listrik di beberapa lokasi di Lombok.

Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mataram melaporkan selepas Subuh tadi sekitar pukul 05.30 Waktu Indonesia Tengah, tebing jalan menuju kawasan wisata Senggigi ambrol di titik Cafe albertto Dusun Loco Desa Senggigi Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Di sana, tebing di pantai Senggigi tersebut longsor sepanjang 45 meter dan ketinggian 11 meter. ”Untuk sementara jalan provinsi tersebut hanya bisa dilintasi satu jalur saja,” kata juru bicara Kantor SAR Mataram I Gusti Lanang Wiswananda.

Menurutnya,  longsor terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi sejak sehari sebelumnya.

Cuaca hujan angin dengan intensitas tinggi  yang terjadi di Lombok dalam kurun waktu beberapa hari terakhir, juga berdampak pada jaringan PLN.

Beberapa tiang dilaporkan roboh dan tentunya mengakibatkan komponen distribusi mengalami kerusakan.

Menurut Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram Dony Noor Gustiarsyah, tiang roboh dilaporkan terjadi di lokasi tersebut. Selain itu, ada 13 buah tiang roboh juga terjadi di kawasan wisata Kuta, Lombok Tengah dan Sekotong Lombok Barat yang mengalami banjir pada hari Sabtu 30 Januari 2021.

Juga adanya saluran kabel tegangan menengah putus akibat tanah longsor  di Jalan. Raya Senggigi.Dusun Mumbul Sari, Bayan dan Labuan Tereng, Lembar.

Untuk yang di Labuan Tereng, pohon tumbang karena puting beliung, dan menimpa tiang listrik. 1 gardu padam. Proses perbaikan yang saat ini tengah dilakukan petugas juga dibantu oleh warga sekitar.

Ia mengimbau seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan berhati hati. Untuk keamanan, segera matikan listrik dari kwhmeter apabila banjir mulai masuk ke rumah warga. Selain itu, jangan menyentuh jaringan PLN di lokasi yang terdampak banjir.

Selain itu, Dony juga mengimbau kepada seluruh warga untuk segera melaporkan apabila terjadi gangguan atau kondisi yang berbahaya di sekitar lokasi warga.

Pelaporan dapat dilakukan melalui Contact Center 123 ataupun melalui akun media sosial instagran @pln123_official, twitter @pln_123, facebook PLN 123.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed