by

Akhir Januari 2021, Kompetisi Barista di Senggigi

SENGGIGI – Untuk menggebrak kebangkitan pariwisata di Senggigi Lombok Barat (Lobar), Dinas Pariwisata Lobar bersama Sheraton Senggigi Beach Resort melakukan kolaborasi penyelenggaraan kompetisi barista, akhir Januari 2021 mendatang.

Sesuai semangat mengajak Ayo Kembalai Ke Senggigi, kompetisi para peracik kopi ini yang juga rencananya dirangkai dengan talk show dan  bertujuan untuk menarik minat masyarakat terhadap kopi serta lebih memperkenalkan profesi barista di Lombok.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Lobar Saepul Akhkam, kompetisi barista ini mengawali berbagai kolaborasi yang dilakukan bersama pelaku pariwisata. ”Ini  untuk kick off 2021,” katanya, Selasa 12 Januari 2021 sore.

Tahun 2021 ini Dinas Pariwisata Lobar terbuka berkolaborasi dengan semua pihak. Termasuk dalam menyepakati penetapan kegiatan dalam calender of event, bahkan terkait dengan content kegiatan..

Kolaborasi, lanjut Akhkam, tidak hanya dari aspek inisiatif gagasan, namun juga penyelenggaraannya secara teknis. Salah satunya adalah kompetisi barista. Pihak industri yang menginisiasi dan menyelenggarakan. ”Namun kami harus juga berkontribusi, terutama untuk menjadikannya sebagai event promosi,” ujarnya.

Apalagi saat low season seperti sekarang, ingin memaksimalkan kolaborasi ini untuk mempromosikan pariwisata Lobar.

Sheraton Senggigi Beach Resort mengadakan kegiatan barista competition ini untuk kick off di 2021. ”Di samping untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap kopi, juga ingin mengangkat profesi barista di Lombok,” kata General Manager Sheraton Senggigi Beach Resort Tirza Mirza.

Dikatakan bahwa profesi barista adalah sebuah profesi yang sudah menjadi profesi professional saat ini. Penyuguhan dan kebiasaan minum kopi, pun merupakan tren yang sangat populer dalam lima tahun terakhir ini. Maka melalui kompetisi semacam ini, Tizar berharap mampu melahirkan barista-barista tingkat dunia untuk Lombok.

Bekerjasama dengan Hungry Bird Canggu Bali dan Dinas Pariwisata Lombok Barat, Sheraton Senggigi Barista Competition akan mengadakan beberapa jenis kompetisi seperti Kompetisi Latte Art, dan Kompetisi Brewing.

Untuk kompetisi Latte Art, akan berlangsung pada 29 Januari 2021 dan diikuti sekitar 32 peserta. Selanjutnya, Kompetisi Brewing akan dilangsungkan pada 30 Januari 2021 yang akan diikuti oleh 36 peserta.

Selain untuk melahirkan para barista cekatan, kompetisi ini menurut Saepul Akhkam juga akan menjadikan profesi barista sebagai salah satu profesi yang diminati kalangan muda.

Apalagi dengan tren wisata halal di NTB, bisa meningkatkan citra pariwisata yang selalu identik dengan minuman beralkohol atau cocktail. Ia meyakini, kopi dan para barista menjadi alternatif yang harus didorong untuk penguatan citra dan brand halal ini. ”Kita sangat mengapresiasi industri perhotelan terlibat karena sesungguhnya kopi pun bisa diidentikkan sebagai suguhan yang wajib dan trendy,” ucap Saepul Akhkam.

Dengan begitu, lanjutnya, para barista ini juga akan memiliki posisi yang penting seperti halnya para bartender yang memiliki kecakapan khusus dalam profesinya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed