by

Ada Touring Moge Keliling Sirkuit Mandalika

MANDALIKA -Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah melakukan touring dari Mataram ke Sirkuit Mandalika, sekitar 68 kilometer sebagai kegiatan program partisipasi Kejuaraan Dunia Super Bike (World Superbike, di pantai Senggigi pagi tadi,

WSBK seri 11 di Sirkuit Mandalika akan diseleranggakan 11 -13 November 2022. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap WSBK 2022 yang diadakan di Sirkuit Mandalika. ‘’Partisipasi ini sebagai bentuk kampanye ajak penonton WSBK Mandalika 2022,’’ katanya.

Walaupun situasinya lesu, kelompok Gubernur NTB Zulkifliemansyah melakukan touring sejauh kurang lebih 4,3 kilometer dari Mataram menuju Sirkuit Mandalika hari ini, Wakltu tempuh sekitar 90 menit

Setibanya di sirkuit Mandalika selanjutnya melintasi aspal  baru di Sirkuit Mandalika. WSBK seri 11 di Sirkuit Mandalika mengendarai sepeda motor sebagai partisipasi kampanye ajak penonton WSBK Mandalika 2022.

Zulkieflimansyah mengemukakan touring ini merupakan bagian dari kampanye untuk menganjurkan penonton memakai motor saat WSBK. Menurutnya, menggunakan motor jauh lebih seru dari pada menggunakan mobil dimana menggunakan motor bakal bebas macet. ‘’Menggunakan motoran lebih oke, santai dan lebih banyak tamasa nya sehingga kemacetan bisa dicegah,” ujarnya.

Sejumlah motor gede atau moge yang dikendarai Zulkiefliman bersama pewsrta mengelilingi Sirkuit Mandalika sebanyak dua kali. Selanjutnya kemudian berhenti di tikungan Pertamina yaitu tikungan sepuluh dari 17 tikungan Sirkuit Mandalika yang berjarak  4,3 kilometer Zulkieflimansya, Ia mengakuiya, mencoba aspal baru Sirkuit Mandalika seperti menelan biji durian. “Mencoba aspal Sirkuit Mandalika rasanya seperti menelan biji durian artinya rasanya itu tidak  terbayangkan sensasinya,” ucapnya.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengtakan, tujuan lain dari kedatangan peserta, ia melihat rute jalan menuju Sirkuit Mandalika. Dalam kunjungan ke Sirkuit Mandalika melihat fasilitas observation deck, bukit 360 dan berbagai fasilitas lainnya di Sirkuit Mandalika.

 

Priandhi Satria menyebut Sirkuit Mandalika merupakan milik masyarakat Lombok Indonesia sehingga kendaraan yang masuk kedalam lintasan Sirkuit Mandalika diperbolehkan selama motor yang dalam keadaan rombongan proper/layak. “Olinya tidak bocor dan tidak meneteskan segala sesuatu yang membuat lintasan kotor dan menurut persetujuan dari trek manager maka dipersilahkan,” ucap Priandhi.

Aspal Sirkuit Mandalika ini sudah bersih dimana sebelumnya telah disikat menggunakan road sweeper truck. Lapisan ban motor dan mobil yang menempel dipermukaan aspal juga sudah cukup sehingga sudah sangat siap untuk melangsungkan balapan.

Dari sisi non balapan saat ini sedang bangun panggung dan lainnya. Sedangkan dari divisi saat ini relawan juga sedang mengikuti training kebersihan, keamanan, dan crowded control dimana  mendatangkan vendor.

Saat ini tiket WSBK dapat dibeli secara online melalui aplikasi Xplorin dan ticketing partner diantaranya aplikasi Livin’ By Mandiri, Loket, Gotix, Tiket.com, Tokopedia, Shopee, Blibli, tiketapasaja.com, BRImo, BookMyShow.com, Bank NTB Syariah dan travel agent lokal. Khusus masyarakat KTP NTB, MGPA telah memberikan program spesial berupa diskon hingga 50 persen.

Kategori tiket yang diberikan diskon adalah semua jenis tiket area grandstand dan semua tiket area festival. Masyarakat NTB, dapat membeli tiket secara offline berupa ticketing booth yang berlokasi di Red Gate Pertamina Mandalika International Circuit dan Mall Epicentrum Mataram serta mobile ticketing yang berkeliling di area Lombok.(*)