by

Ada Toliet dan Bak Sampah Baru di Pantai Mawun dan Pantai Selong Belanak

LOMBOK TENGAH – Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika yang bakal memiliki sirkuit jalanan untuk balap MotoGP, Oktober 2021 mendatang memiliki enam pantai indah di sepanjang pantai sejauh 16 kilometer di selatan Lombok Tengah.

KEK Pariwisata Mandalika yang memiliki luas 1.175 hektar di selatan Kabupaten Lombok Tengah tersebut, memiliki pantai Kuta Mandalika di ujung barat, selanjutnya mengarah ke timur pantai Seger, pantai Serenting, pantai Tanjung Aan, pantai Kliu dan pantai Gerupuk. Semuanya menjadi spot selancar ombak.

Nah,  masih ada lagi pantai yang di luar Mandalika mengarah ke barat yang juga tidak kalah indahnya. Misalnya pantai Mawun yang berjarak 10 kilometer dari Mandalika dan pantai Selong Belanak berjarak 19 kilometerr dari Mandalika.

Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia Nusa Tenggara Barat (NTB) Chandra Afrinova menyebutkan pantai selatan Lombok Tengah yang memilik ombak besar memang potensi untuk surfing. Pantai Selong Belanak yang tipikal ombaknya sangat melow cocok untuk baru belajar. jatuhnya ombak di pinggir kena pasir. Di sebelah timurnya ada pantai Mawun yang besar ombaknya tetapi tidak terlalu ekstrim.

Demi menjelang kehadiran ratusan ribu wisatawan yang meminati MotoGP inilah, masing – masing titik lokasi destinasi mulai ikut berbenah. Pantai Mawun dan pantai Selong Belanak yang disebut telah dikenal keindahan dan pesonanya hingga ke mancanegara serta menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan NTB memperoleh sentuhan program corporate social respondsibility (CSR) dari PT Angkasa Pura I – Bandara Internasional Lombok (AP I – BIL).

Di sana, jika selama ini penunjang kebutuhan wisatawan masih terbatas, oleh AP I – BIL disiapkan fasilitas toilet umum yang bersih dan layak untuk para pengunjung atau wisatawan.

Dengan demikian, diharapkan oleh General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Lombok Nugroho Jati, citra positif terhadap destinasi wisata di Lombok akan semakin meningkat, yang pada gilirannya juga akan membawa manfaat dan keuntungan bagi warga masyarakat sekitar pantai.

Masing – masing lokasi diberikan bantuan berupa fasilitas toilet umum dan dua kontainer sampah.. Total biaya yang digunakan untuk pembangunan dan pengadaan fasilitas tersebut senilai total Rp 550 juta. Kamis, 14 Januari 2021 fasilitas tersebut diserah terimakan oleh AP I – BIL.

Pembangunan fasilitas toilet umum dan pengadaan kontainer sampah untuk Pantai Mawun di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut serta Pantai Selong Belanak yang ada di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat ini merupakan wujud nyata komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) dalam ikut serta mengembangkan dan memajukan destinasi pariwisata di NTB, khususnya di Lombok Tengah.

Menurut Nugroho Jati, bantuan program bina lingkungan dari pengelola Bandara Lombok ini merupakan realisasi program agent of development perusahaan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). ”Dalam ikut serta mendukung keberadaan KEK Mandalika sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas nasional,” ujarnya.

Pihak Angkasa Pura I berharap fasilitas toilet umum tersebut dapat dikelola bersama-sama warga dan selalu dijaga keberadaan, fungsi, serta kebersihannya dan bermanfaat bagi para wisatawan di Pantai Mawun maupun Pantai Selong Belanak. Sementara bantuan kontainer sampah dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menjaga kebersihan pantai dari sampah para pengunjung.

Sapi’i yang mewakili Pemerintah Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah menyampaikan terima kasih kepada Angkasa Pura I yang telah memberikan bantuan toilet yang bersih serta bak sampah di Pantai Mawun. ”Mudah-mudahan dengan adanya toilet ini para pengunjung atau masyarakat sekitar tidak lagi kesulitan untuk mencari toilet saat berkunjung ke pantai ini,”  ucapnya.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed