by

64 Wisman Eropah Kunjungi Mambalan

GILIMAS LOMBOK BARAT – Kembali, Desa Mambalan, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat dipilih menjadi salah satu desa tujuan wisata penumpang kapal pesiar Fred Olsen Cruise Line yang bersandar di Pelabuhan Gilimas, Lembar, Senin (11/3).

Kali ini, sebanyak 64 wisatawan asing asal Eropa ini mengambil program A ThroughWalk  Mambalan Village. Sebelumnya, Desa Mambalan juga menjadi salah satu tujuan wisatawan penumpang kapal pesiar. Sebanyak 28 wisatawan asing yang tergabung dalam kapal pesiar Shilver Whisper mengunjungi Desa Mambalan, 28 November 2023 lalu.

Jalur menyusuri perkampungan dan persawahan menjadi obyek utama yang disuguhkan program ini. Perjalanan dimulai dari Kantor desa Mambalan. Kemudian menyusuri lorong perkampungan tepi sawah. Melintasi pemakaman umum dan jembatan gantung.

Selanjutnya, para wisatawan asing yang rata-rata berusia lanjut ini melintasi jembatan gantung yang diteruskan dengan menikmati hijaunya persawahan Desa Kekeri. Nah, aktivitas petani yang menjelang panen inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Ini sungguh jauh berbeda dengan negara saya. Saya sangat senang bisa menyusuri sawah dan melihat petani menjaga padinya dari serangan burung,” kata Charles, wisatawan asal Inggris yang datang bersama istrinya.

Charles mengaku dirinya sangat terkesan dengan sistem irigasi persawahan di sepanjang jalan yang dilalui. “Sistem irigasi ini sangat bagus dan efektif,” ungkap Charles seraya menunjuk aliran irigasi tak jauh dari tempatnya berdiri.

Charles kemudian menjelaskan panjangnya pengarungan samudera yang telah dilaluinya. Mulai dari kampung halamannya Liverpool, melintasi terusan Panama, menghindari perairan laut Yaman yang dikuasai Houthi. Kemudian mengarungi Samudera Atlantik, hingga nyandar di Gilimas Lembar.

Sementara itu, menurut Andre, salah satu operator kapal pesiar, tamu-tamu yang berkunjung ke Mambalan sebelumnya juga sangat puas dengan program menyusuri Desa Mambalan ini. “Seperti sebelumnya, sejumlah tamu-tamu kita mengaku, lay out Desa Mambalan sangat indah. Rata-rata mereka sangat senang mengikuti program A Walk Through Mambalan Village ini,” ucap Andre yang kali ini kembali mengawal 64 wisatawan asing dari Kapal Pesiar Fred Olsen Cruise Line ini.

Syukur kata pria berjanggut putih ini, cuaca mendung saat ini sangat mendukung. Paling tidak kata dia, cuaca mendung saat ini mirip dengan cuaca di daerah asal mereka (Eropa, red). “Karena kalau cuacanya panas, tamu-tamu kita yang sudah berusia lanjut ini akan cukup kualahan,” sebut Andre.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed