by

3 Hari Anak Muda NTB Mengejar Beasiswa

SENGGIGI – Program beasiswa di Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin diminati di kalangan anak muda. Hal ini terbukti dengan berhasilnya diselenggarakan Beasiswa NTB On The Move sebagai kegiatan terakhir Beasiswa NTB di tahun 2021 yang bertempat di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, 28 – 30 Nopember 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB ini merupakan salah satu kegiatan dari Beasiswa NTB yang ditujukan kepada seluruh masyarakat NTB sebagai bentuk upaya untuk memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) di Nusa Tenggara Barat.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB Najamuddin Amy menjelaskan bahwa program Beasiswa NTB ini berhasil menarik minat anak-anak muda NTB. ”Pengunjung sebagai peminat lebih 200 orang, ” kata Najamuddin Amy, Kamis 2 Desember 2021.

Sewaktu hari pertama, pembukaan Kegiatan Beasiswa NTB On The Move yang datang berasal dari para pimpinan perguruan tinggi swasta di NTB, perwakilan penerima beasiswa, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Tercatat sebanyak 395 Orang yang terdiri dari masyarakat Umum dan Alumni Beasiswa NTB yang mendaftar pada kegiatan ini. 225 Orang diantaranya merupakan masyarakat umum yang mendaftar untuk mendapatkan tiket yang habis terisi kurang dari dua jam.

Sewaktu membuka kegiatan ini Gubernur NTB Zulkieflimansyah, memberikan motivasi kepada para peserta melalui pengalaman – pengalamnnya saat menjalani kuliah di luar negeri yang menjadi salah satu alasan terbentuknya Program Beasiswa NTB.

Antusiasme masyarakat NTB untuk mengikuti kegiatan ini tentunya merupakan hal positif yang menunjukkan semangat seluruh masyarakat NTB untuk melanjutkan studi mereka keluar Negeri. Hal ini tentunya sejalan dengan dampak positif dari terlaksananya program Beasiwa NTB yang merupakan program unggulan dari Pemerintah Provinsi NTB saat ini.

Kalau pada hari pertama dihadirkan nara sumber yang bisa memberikan motivasi calon pemohon, pada hari kedua, kegiatan dikhususkan untuk alumni beasiswa NTB dalam meningkatkan kapasitasi diri melalui materi – materi yang diberikan oleh para narasumber. Pada hari kedua ini para alumni diberikan kesempatan untuk mendapatkan arahan langsung dari para narasumber dengan tujuan nantinya para alumni dapat berkolaborasi untuk meningkatkan kontribusi mereka di NTB.

Lalu pada hari ketiga, para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum mendapat motivasi langsung oleh para alumni beasiswa NTB melalui cerita perjuangan mereka saat mendaftar menjadi awardee sampai menjadi alumni beasiswa NTB. Para peserta diberikan tips penting dalam mempersiapkan diri sebelum mendaftar menjadi awardee beasiswa.

Para peserta kemudian diberikan kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan Lembaga Beasiswa melalui kegiatan Scholarship Exhibition. Pada kegiatan ini, LPP NTB menggandeng lembaga – lembaga pemberi beasiswa dalam memberikan informasi kepada para peserta sebagai salah satu bentuk kolaborasi untuk bersama mempersiapkan dan mewujudkan SDM NTB yang unggul dan berkualitas.

Selanjutnya para peserta mengikuti kegiatan Nonton Bareng film 1000 cendekia yang menjadi acara terakhir sekaligus penutup kegiatan Beasiswa NTB On The Move di tahun ini.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed