by

15 Mobil Balap Berlaga di Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023

MANDALIKA – Sebanyak 15 mobil balap akan berlaga di Sirkuit Mandalika, 8 – 10 Desember 2023. Ini adalah balapan seri pertama Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh Superstars Motorsport bekerjasama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Jadwalnya, sementara direncanakan tiga kali, yaitu  sampai Januari 2024. Adapun kendaraan yang akan digunakan dalam Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 adalah mobil Porsche 911 GT3 Cup.

Direktur Utama PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan kepada wartawan di kawasan Race Control Sirkuit Mandalika, Kamis 7 Desember 2023 siang. ‘’Ini untuk jadwal di Asia Tenggara. Rencananya dilakukan setiap dua bulan sekali,’’ katanya.di sela official test yang berlangsung sejak Rabu 6 Desember 2023.

Priandhi Satria menjelaskan bersama CEO Superstars Motorsport, Bagoes Hermanto, Wakil Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bidang Olahraga Mobil, Ananda Mikola dan pembalap Porsche Sprint Challenge Indonesia Febby Sagita.

Ananda Mikola mengatakan mengapresiasi terselenggaranya event ini. ‘’Dengan adanya event Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023, berharap lahirnya pembalap-pembalap baru yang dapat mewakili Indonesia ke tingkat dunia,”  ujarnya.

Pembalap Porsche Sprint Challenge Indonesia, Febby Sagita mengemukakan kesiapannya. Sebagai pembalap, persiapan untuk Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 mencakup serangkaian latihan, baik dalam mengenal sirkuit maupun fisik. Kerjasama erat terjalin dengan race engineer yang datang langsung dari Australia, New Zealand, dan Jerman.

Untuk menyaksikan balapan mobil Porsche ini, penonton tidak dipungut biaaya masuk kecualoi bayar parkir kendaraan roda empat sebesar Rp10 ribu dan untuk kendaraan roda dua Rp5 ribu. Akses ke Grandstand A dapat dilakukan melalui Black Gate 2, di mana kendaraan roda empat  dapat menuju area parkir P4B dan P3B, sedangkan kendaraan roda 2 dapat parkir di P5B. Setelah parkir di lokasi yang telah ditentukan, penonton dapat berjalan ke Grandstand A melalui terowongan 1 atau terowongan utara.

Bagi para penggemar yang ingin merasakan pengalaman lebih dekat dengan pembalap, dapat menikmati akses ke paddock selama 3 hari dengan harga mulai dari Rp300.000. Paddock merupakan area kerja bagi mekanik tim balap dan administrasi sirkuit, sehingga memberikan pengalaman yang lebih eksklusif bagi pengunjung. Tiket menuju paddock dapat dibeli melalui ticket box yang tersedia di depan area paddock.

Untuk masyarakat yang belum dapat hadir secara langsung pada Pertamina Mandalika International Circuit untuk merasakan keseruan ajang balap ini, masih dapat menyaksikan keseruan balap secara online melalui channel YouTube @themandalikagp,” ujarnya.

Selain balap mobil, terdapat side event Pesta Seru Mandalika yang akan diselenggarakan di area parkir Deluxe Class pada 9 Desember 2023. Event ini merupakan festival musik dan UMKM yang akan menghadirkan artis tanah air yaitu Band Radja, Gita KDI, Gili Vibes, dan Iris Circles.

“Dengan adanya Pesta Seru Mandalika ini, kami berharap dapat menambah semarak keseruan Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 dan memperkaya experience di Pertamina Mandalika International Circuit. Kami berharap balapan ini akan menjadi awal untuk perkembangan dunia otomotif di Indonesia untuk masuk ke jajaran elite otomotif dunia dan menjadi ajang sport tourism terkemuka di Indonesia.” ucap Andi.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed