by

1.114 Personil dan 20 Genset Disiagakan Menjelang Akhir Tahun

-Berita, Daerah-339 views

MATARAM – Walaupun berbeda cara memperingati perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 semasa pandemi Covid 19, namun, PLN Unit Induk Wilayah NTB tetap siaga menjaga keandalan listrik agar seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat dapat berlangsung aman dan lancar.

PLN NTB siagakan 1.114 personil untuk terus siaga selama Natal dan Tahun Baru. Mulai dari sisi pembangkit hingga pelayanan gangguan. Selain itu, juga siapkan 20 buah gen set yang akan stand by di beberapa lokasi utama perayaaan Natal.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran, sebanyak 29 lokasi perayaan Natal tahun ini telah diperiksa dan juga disiapkan pasokan listriknya. ”Untuk menjaga kekhidmatan umat nasrani menjalankan ibadah,” katanya.

Selain itu, tak hanya personil, PLN NTB juga menyiagakan 15 buah trafo mobile, 4 buah UPS Mobile, dan 134 buah kendaraan, baik roda 2 ataupun roda 4. Hal ini tentu saja supaya PLN dapat merespon cepat apabila terjadi  gangguan pasokan listrik.

Tantangan menjaga keandalan listrik ini semakin meningkat seiring dengan cuaca yang ekstrim di beberapa hari terakhir. Dua hal ini menjadi tersendiri untuk PLN, pandemi Covid 19 dan cuaca. ”Namun, kami terus berusaha untuk memberikan yang terbaik,” ujar Lasiran.

Dari sisi pasokan daya pembangkit, per tanggal 19 Desember 2020, kondisi kelistrikan di pulau Lombok memiliki daya mampu pembangkit sebesar 308 MW dan beban puncak malam sebesar 247 MW.

Sedangkan untuk sistem interkoneksi Sumbawa, daya mampu pembangkit sebesar 134 MW dan  beban puncak sebesar 103 MW.

Untuk daya mampu pembangkit, masih aman. Masih ada cadangan daya sebesar 61 MW untuk Sistem Lombok dan 31 MW untuk Sistem Sumbawa.

Selama masa siaga ini, PLN juga berkomitmen untuk tidak mengadakan pemeliharaan terencana. Meskipun demikian, gangguan listrik yang diakibatkan gangguan alam, faktor teknis ataupun gangguan lokal masih mungkin terjadi.

Apabila masyarakat mengalami gangguan kelistrikan, dapat menghubungi Contact Center PLN 123, twitter @pln_123, facebook PLN 123, instagram pln123_official atau melalui aplikasi PLN Mobile.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed