MATARAM – Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat (BI NTB) mengamati dampak penyelenggaraan tiga kali pemilihan umum (pemilu) selama lima tahun terakhir di NTB terjadi pertumbuhan komponen pengeluaran konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) dalam product domestic regional brutto (PDRB).

Menurut Kepala Perwakilan BI NTB Prijono, sejak tahun 2010, dari mulai Pemilihan Gubernur NTB pada triwulan II 2013, Pemilihan Presiden pada triwulan III 2014, dan Pemilihan Kepala Daerah yang berlangsung di tujuh Kabupaten/Kota se Provinsi NTB secara umum, ketiga momen pemilu tersebut menunjukan pola pergerakan angka pertumbuhan komponen LNPRT dalam PDRB yang relatif sama.

Secara rata-rata, momen pelaksanaan Pemilu di NTB dalam 5 (lima) tahun terakhir mencatatkan pertumbuhan LNPRT sebesar 9,21 persen (yoy). ”Pola tersebut adalah mulai terjadinya kenaikan angka pertumbuhan tepat satu tahun sebelum dilaksanakannya Pemilu,” katanya, Kamis 11 Januari 2018 siang.

Keadaan yang sama juga terlihat pada Pilkada 2018 yaitu pemilihan Gubernur NTB, pemilihan Bupati Lombok Barat, pemilihan Bupati Lombok Timur, pemilihan Walikota Bima. BI NTB mencatat kenaikan konsumsi LNPRT di Provinsi NTB mulai terlihat di awal tahun 2017. Dengan memperhitungkan kontribusi konsumsi LNPRT terhadap sisi pengeluaran PDRB, maka angka rata-rata pertumbuhan tersebut akan memberikan kontribusi sebesar 0,12 persen terhadap PDRB NTB.

Di NTB, tahun 2013 terjadi pemilihan gubernur yang diantaranya calonnya adalah petahana, Muhammad Zainul Majdi. relatif rendah kenaikannya yaitu 8-9 persen. Tetapi di tujuh kabupaten/kota yang berbeda pertumbuhannya lebih tinggi, yaitu sekitar 11 persen.

Deputi Kepala Perwakilan BI NTB bidang Sistem Pembayaran Ocky Ganesia menyebutkan karena ada pilkada, maka pada tahun 2018 ini diproyeksikan kenaikan outflow 12,5 persen menjadi Rp Rp 9,9 triliun dan inflownya Rp 10,1 triliun atau naik 20 persen. Pada tahun 2015, angka inflownya sebesar Rp 8,39 triliun dan outflownya Rp 8,79 triliun. ”Ya salah satu penyebabnya adalah pilkada,” ujar Ocky Ganesia.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here