MATARAM – Wisatawan mancanegara yang tiba pertama di Lombok International Airport (LIA) menumpang Air Asia dari Kuala Lumpur disambut meriah oleh General Manager PT Angkasa Pura (AP) I – LIA I Gusti Ngurah Ardita dan Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) Lalu Moh Faozal, Senin 1 Januari 2018.

Tiba pukul 11.45 Waktu Indonesia Tengah, para penumpang Air Asia AK 308 sebanyak 105 orang penumpang tersebutsatu persatu dikalungi kain selendang songket Lombok dan tarian Gendang Beliq di pintu kedatangan internasional. Tidak hanya itu, mereka juga disediakan panggung foto berlatar belakang gambar destinasi wisata Gili Sunut Lombok Timur dan Bukit Mantar Sumbawa Barat.

Gusti Ngurah Ardita mengatakan tema kinerja AP I – LIA Tahun 2018 ini adalah “One Team One Dream for Continous Improvment”, yang berarti melanjutkan dari tahun 2017 untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para penumpang. ”Yang datang ke Lombok melalui pintu kedatangan di LIA,” kata Ardita.

LIA disiapkan memiliki apron parkir pesawat berbadan lebar empat kali lebih besar dari saat ini yang memiliki 10 parking stand. Juga meluaskan ruang tunggu terminal keberangkatan yang saat ini terdapat 104 pergerakan pesawat.

Sedangkan Kepala Dispar NTB Lalu Moh Faozal mengatakan untuk mencapai target kunjungan empat juga wisatawan dari semula 3,5 juta wisatawan, berupaya menambah kehadiran pesawat dari luar negeri langsung ke Lombok. Mulai Februari 2018 mendatang, Garuda melakukan penerbangan carter dari Incheon Korea Selatan sebanyak empat penerbangan sepekan. Sedangkan Air Asia mengisi tiga kali penerbangan dari Kuala Lumpur yang merupakan penghubung dari 32 kota asal penerbangan di Asia dan Australia. Silk Air yang menghubungkan langsung Singapura – Lombok juga akan menambah penerbangan menjadi lima kali sepekan. Terakhir, maskapai penerbangan asal Brunei Darussalam juga akan mendatangi Lombok.(*/sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here