GIRI MENANG – Untuk memaksimalkan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di Pedesaan dan Perkotaan (PBB-PP), Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Lobar menggandeng PT. Pos Indonesia Mataram sebagai mitranya.

Hal itu ditandai dengan penandatangan MoU oleh Kepala Bappenda Lobar Lale Prayatni dan pihak PT. Pos Indonesia Mataram dalam acara Gebyar PBB-P2 di Kantor Camat Batulayar, Rabu 27 Desember 2017.

Bupati Lobar Fauzan Khalid berharap, melalui kerjasama tersebut mampu memudahkan pembayaran PBB sehingga capaian yang diperoleh lebih besar.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lobar rencananya juga akan menaikkan PBB di tahun mendatang. ‘’Namun, kenaikan tersebut tidak diberlakukan bagi masyarakat menengah ke bawah,’’ katanya.

Kepala PT. Pos Indonesia Regional VIII Denpasar Helly Siti Halimah yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, siap membantu Pemkab Lobar melalui Bappenda melayani masyarakat untuk membayar PBB secara online.

“Dan jika semua berjalan dan sukses maka kedepannya kita harapakan agar hubungan antara Pemkab Lobar dengan PT. Pos Indonesia dalam hal pembayaran PBB lebih erat lagi,” ujarnya.

Kepala Bappenda Provinsi Nusa Tenggara Barat Iswandi mengaku sangat mengapresiasi komitmen Pemkab Lobar yang sudah mampu memenuhi pajak kendaraan bermotornya.

“Di tahun 2017, meskipun masih ada tunggakan sekitar 30 persen, namun dari capaian yang sudah Lobar dapat lebih dari Rp 7 milliar. Dan itu akan dikembalikan untuk Lobar. Mudah-mudahan tunggakan bisa dikurangi 10-15 persen di tahun depan,” ujarnya.

Untuk mengapresiasi kinerja para petugas, Bappenda Lobar juga memberikan pengharagaan kepada pihak kecamatan, BKP kecamatan, desa, dusun serta petugas teladan raihan PBB tahun 2017.

Ada lima kecamatan yang telah berhasil mencapai target PBB terbaik, yakni Kecamatan Gerung, Batulayar, Kuripan, Gunungsari dan Kediri. Sedangkan raihan terbaik pembayaran PBB di tingkat BKP Kecamatan diraih kembali oleh Gerung, kemudian Batulayar, Kuripan, Gunungsari dan Narmada.

Untuk tingkat desa terbaik yaitu Desa Sesaot, Jeringo, Gelangsar, Kuripan Timur, Buwun Sejati, Sembung, Banyumulek, Mekarsari, Selat dan Penimbung. Peringkat terbaik di tingkat dusun diraih oleh Dusun Temas Lestari Desa Sesaot, Dusun Jeringo Desa Jeringo dan Dusun Geripak Desa Gelangsar. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here