MATARAM – 592 orang anggota Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) se pulau Lombok dikumpulkan dalam kegiatan apel siaga waspada narkoba dan faham komunis serta netralitas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Komandan Komando Resort Militer (Korem) 162 Wirabhakti Kolonel Inf Farid Makruf yang memimpin apel siaga tersebut mengingatkan situasi dan kondisi terkini di daerahnya. “Ancaman bahaya Narkoba dan faham Komunis harus tetap diwaspadai,” kata Farid Makruf.

Menurutnya, saat ini ancaman bahaya narkoba sudah mulai marambah ke kampung-kampung. Karenanya, ia meminta para Danramil dan Babinsa untuk melaksanakan temu cepat dan lapor cepat dengan terus melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat. ”Agar peredaran gelap Narkoba dapat diminimalisir dan dikendalikan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga memerintahkan para Babinsa untuk tetap melaksanakan Patroli Kongkow-Kongkow bersama masyarakat binaan dalam rangka berbagi informasi dan komunikasi sosial. ‘ ‘Agar fungsi Bapul (badan pengumpul) yang ada dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Berlangsung di Aula Auditorium Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri di Praya Kabupaten Lombok Tengah. Sebelumnya, beberapa pekan lalu, Farid Makruf telah mengikuti arahan Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Angkataran Darat sewaktu dilakukan Apel Danrem dan Dandim se Indonesia. Pada Apel Danramil dan Babinsa se Pulau Lombok ini Farid Makruf didampingi para Komandan Komando Distrik Militer se Pulau Lombok dan para Kepala Seksi Korem 162/WB.

Mengenai pilkada, seluruh prajurit Korem 162/WB dan jajaran diingatkan untuk tetap menjaga netralitas TNI dalam pesta demokrasi yang akan digelar serantak seluruh Indonesia pada Pilkada 2018. Provinsi NTB akan menggelar Pilkada Gubernur NTB dan tiga Kabupaten Kota. Setiap prajurit wajib menjaga netralitas TNI karena sanksi hukuman bagi Prajurit TNI yang terbukti terlibat dalam politik praktis. ”Akan ditindak sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Kepala Penerangan Korem 162 Wirabhakti Mayor Inf Dahlan menyampaikan bahwa para Danramil dan Babinsa dan prajurit se pulau Sumbawa juga akan dikumpulkan. ”Agar semua tahu apa yang harus diwaspadainya,” ujar Dahlan.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here