MATARAM – Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (KONI NTB) berjuang untuk mengusulkan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 bersama Provinsi Bali.

Usulan menjadi penyelenggara bersama tersebut disampaikan oleh Ketua KONI NTB Andy Hadianto melalui keterangan pers yang diberikan Kamis 7 Desember 2017. ”Kami ingin menjadi tuan rumah bersama. Bali sudah menyatakan kesiapannya maju bersama,” kata Andy Hadianto.

Usulan NTB dan Bali ini adalah pilihan dari enam provinsi juga berkeinginan menjadi penyelenggara. Lainnnya adalah Aceh bersama Sumatera Utara (Sumut), Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera Barat. Khusus Aceh – Sumut, konon, sudah ada 19 provinsi yang memberikan dukungan, yaitu Riau, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Lampung, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Sulsel, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulteng, Sulawesi Utara Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara.

Menurut Andy Hadianto, jika klaim dukungan untuk Aceh – Sumut itu benar adanya, maka NTB – Bali akan bergerak lebih cepat untuk mengubah arah dukungan tersebut. ”Hal ini yang sekarang sedang dikebut KONI NTB dan KONI Bali bersama dengan para petinggi daerah masing-masing,” ujarnya.

Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi sudah meminta bawahannya untuk segera berkoordinasi dengan KONI NTB, guna memuluskan keinginan menjadi tuan rumah PON XXI. Dalam dua hari ini, Dinas Pemuda dan Olaraga NTB sudah mendengar pemaparan KONI NTB dan Sekretaris Daerah NTB Rosiadi Sayuti memanggil para atlet internasional NTB untuk didengar masukannya.

Dukungan yang diberikan Gubernur kepada KONI NTB memiliki dasar yang kuat. Sebab fakta menunjukkan bahwa event olahraga seperti PON pastinya mendorong kemajuan bagi daerah tuan rumah menjadi suatu wilayah dengan pertumbuhan ekonomi baru. Termasuk soal peningkatan sarana dan prasarana olahraga bertaraf nasional.

Saat ini olahraga di NTB, menurut Andy Hadianto, tiada henti bergerak. Setelah banyak atlet asal NTB menghuni pemusatan lathan nasional dan mengukir berbagai prestasi internasional, NTB mencoba menjajal bagaimana jika sebuah multi event besar berskala nasional macam PON bisa digelar di NTB.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here