MATARAM – Lombok International Airport (LIA) Sabtu 2 Desember 2017 pagi masih beroperasi normal sejak sempat ditutup sehari sebelumnya, Jum’at 1 Desember 2017 pukul 06.00 WITA hingga pukul 08.50 WITA akibat terdampak abu vulkanik Gunung Agung di Bali.

Pukul 08.00 WITA Lombok International Airport telah melaksanakan rapat kordinasi dengan stakeholder (Otban Wil.IV, AIRNAV, BMKG, Airlines dan Ground Handling) untuk membahas serta mengevaluasi dari dampak erupsi Gunung Agung.

Hasil Pemantauan pagi ini berdasarkan satellite Himawari sejak pukul 00.00 hingga 07.00 WITA pergerakan Vulcanic Ash tidak terdeteksi karena tertutup awan. Untuk hasil Paper Test yang dilakukan diarea bandara sejak tanggal 1 Desember 2017 pukul 21.00 WITA hingga 2 Desember 2017 pukul 07.00 WITA masih nihil Vulcanic Ash.

Jumlah flight pagi ini yang dibatalkan untuk domestik 1 yaitu penerbangan menuju Bima yang dikarenakan alasa operasional. Sedangkan untuk penerbangan internasional jumlah flight yang dibatalkan terdapat 4 penerbangan oleh Airasia dari Kuala Lumpur menuju Lombok maupun sebaliknya. ”Atas permintaan airlines tersebut,” kata General Manager LIA I Gusti Ngurah Ardita.

Sore harinya, Sabtu 2 Desember 2017 pukul 14.00 WITA rapat koordinasi kembali di Emergency Office Centre LIA kondisi terkini berdasar pantauan Volcanic Ash Advisory Center Darwin, masih baik dan nihil dari sample paperl. Maka diputuskan bandara LIA tetap dibuka, jika terjadi perubahan yg significant akan dilaporkan secepatnya. akan dilanjutkan rapat koordinasi berikutnya, pukul 20.00 WITA.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here