MATARAM – Adanya siklon tropis Cempaka di sekitar Cilacap Jawa Tengah menolong cuaca bersih debu erupsi di atas Lombok. Karenanya, penerbangan dari dan ke Lombok International Airport (LIA) tetap dibuka sampai malam ini. Maskapai Garuda yang sejak tiga hari terakhir menghentikan penerbangan, telah mulai melayani penerbangan.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok Oral Sem Wilar, siklon tropis Cempaka tersebut menarik angin yang semula ke arah timur berbalik arah. Ke barat atau Denpasar bahkan sampai Banyuwangi. Sehingga Bali tetap tertutup penerbangannya. ”Karenanya tidak terditeksi debu di atas Lombok. Clear,” katanya, Selasa 28 November 2017 malam.

Biasanya, berlangsungnya siklon tersebut selama tiga hari bahkan seminggu.

Untuk penerbangan malam ini, maskapai yang melayani penumpang ke LIA adalah Garuda, Lion Air dan Citilink.

Sebelumnya Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) membuka posko pelayanan terpadu melakukan kordinasi penanganan informasi kepada wisatawan di terminal LIA. Dipimpin oleh Sekretaris Dispar NTB Endah Setyorini. ”Ini untuk memudahkan keperluan pengguna penerbangan,” ujarnya.

Yang tercatat hingga Selasa 28 November 2017 pukul 13.00 WITA, penerbangan yang mengalami penundaan di LIA terkait aktivitas erupsi Gunung Agung, maskapai Garuda sebanyak 20 pergerakan, Lion Air (dua), Wings Air (7), Citilink (2).(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here