MATARAM – Satu pohon mampu hidupkan 10 orang. Untuk itulah pentingnya menjaga ekosistem alam. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon yang merupakan sumber kehidupan. Tekad Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, juga diwujudkan dengan pengembangan dan penataan kawasan wisata Gunung Sasak sebesar Rp. 1,6 miliyar di tahun 2017.

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid mengatakannya sewaktu memulai kegiatan penanaman pohon di wilayah kawasan Gunung Sasak, Dusun Lendang Sedi, Desa Giri Sasak, Kecamatan Kuripan, Selasa 28 November 2017

Kegiatan penanaman pohon kali ini digelar dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), sekaligus menjadi tindak lanjut Keputusan Presiden serta surat edaran Gubernur dan Bupati Lombok Barat tentang gerakan menanam dan pelihara pohon untuk menjaga paru-paru dunia. “Di tahun 2018 kita lanjutkan, tentunya dengan penganggarannya lebih besar lagi,” kata Fauzan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lalu Surapati mengatakan, jenis pohon beringin menjadi pilihan untuk ditanam karena dianggap mampu menyerap air. Pohon ini juga jarang dicuri dan ditebang. Sebagai salah satu potensi wisata alam, Surapati juga mengusulkan untuk lebih banyak digelar event seperti forest trekking dan lain sebagainya.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here