MATARAM – Lombok International Airport (LIA) dibuka kembali. Tetapi sampai saat ini belum ada penerbangan yang sesuai jadwal. Baik Lion Air tujuan Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta yang jadwal terbangnya pukul 6 belum ada kejelasan keberangkatannya. Demikian pula Garuda tujuan Jakarta yang jadwal terbangnya pukul 7.

Menurut salah seorang calon penumpang Lion Air tujuan Surabaya Ahmad Subaidi, belum ada kejelasan keberangkatannya. Juga penerbangan tujuan Jakarta. ”Akhirnya saya putuskan pembatalan saja,” katanya.

General Manager PT Angkasa Pura I di LIA I Gusti Ngurah Ardita mengatakan menerima informasi dari Management Garuda bahwa ada 11 pesawat Garuda tujuan LIA hari ini di batalkan. Sebelumnya ia menyatakan operasional penerbangan LIA dibuka kembali. ”Pukul. 06.00 Waktu Indonesia Tengah, LIA beroperasi kembali,” ujar Ngurah Ardita.

Dibukanya kembali operasional LIA setelah dilakukan rapat pukul 05.00 WITA di Emergency Office Centre LIA, setelah mendengar paparan dari Prakirawan Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok Petrus Sina Dei Dala soal data Meteorologi.

Berdasarkan keterangan pers Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV Bali Nusra
Selasa, 28 Nov 2017 pukul 02.00 WITA, dilakukan perpanjangan penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar pada pukul 07.00 WITA.

Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi yang menghasilkan kesepakatan bersama untuk melanjutkan perpanjangan penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai dari pukul 07.00 WITA 28 November 2017 sampai dengan 07.00 WITA 29 November 2017.

Berdasarkan data analisa dan prediksi arah dan kecepatan angin BMKG pukul18.00-00.00 UTC (02.00-08.00 WITA) menunjukan bahwa arah angin dari utara hingga timur laut dengan kecepatan 5-10 kts. Informasi SIGMET dari MWO Ujung Pandang menunjukan bahwa abu vulkanik bergerak ke arah selatan /barat daya dan menutupi ruang udara diatas bandara I Gusti Ngurah Rai

Data paper test yang disampaikan pihak penyelenggara bandara dan petugas Kantor Otoritas Bandara IV dengan hasil NIL VA (nihil vulcanic ash atau debu gunung).

Dari penjelasan pihak Airnav Indonesia Cabang Denpasar bahwa ploting area jalur pemanduan lalu lintas pesawat udara telah tertutup oleh sebaran VA. Hasil rapat koordinasi memutuskan melanjutkan penutupan Bandara IGM Rai mulai pukul 07.00 WITA sampai dengan 24 jam kedepan dengan evaluasi per enam jam oleh Airport Community. Selanjutnya dilakukan proses penerbitan NOTAM closed aerodrome.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here