MATARAM – Festival Desa Benderang Informasi Publik (DBiP) Nasional 2017 akan diselenggarakan pada 28-30 Nopember mendatang bertempat di Hotel Lombok Raya dan Hall Islamic Center Mataram.

Rangkaian acara yang diselenggarakan Komisi Informasi Nusa Tenggara Barat (KI NTB) ini diantaranya, penandatanganan MoU KI NTB dan Kepolisian Daerah (Polda) NTB mengenai Keterbukaan Informasi, dilanjutkan dengan Sambung Rasa pada tanggal 28 Nopember dengan undangan 5.000 Desa se-Indonesia bersama Menkominfo dan pejabat pusat.

Sambung Rasa kemudian dilanjutkan dengan Seminar Nasional pada 29 Nopember tema “Menurunkan Angka Kemiskinan Melalui Penerapan Pemerintah Terbuka”, dilaksanakan di Hall Islamic Center.

Selain itu ada juga Cerdas Tangkas yang akan diikuti oleh perwakilan desa peserta pada tanggal 28-30 Nopember dan Gelar Budaya pada tanggal 30 Desember.

Peserta dari setiap kegiatan termasuk seminar Nasional, merupakan rangkaian dari festival ini berasal dari seluruh Provinsi se-Indonesia dengan kelompok peserta yang terdiri dari Komisi Informasi Pusat, Komisi Informasi Provinsi/Kabupaten/Kota, Diskominfotik, Dinas Pemberdayaan Pemerintah dan Masyarakat Desa, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan, Organisasi Pemuda, Organisasi Perempuan, Perguruan Tinggi negeri/Swasta, Mahasiswa, Organisasi Pemuda, Asosiasi Perangkat Desa, Asosiasi Kepala Desa, OPD Lingkup Provinsi NTB, PPID Utama Provinsi NTB, Pemkab/Pemkot se-NTB, Tokoh mayarakat NTB, PPID Utama Kabupaten/Kota se-NTB.

Diadakan Seminar nasional ini adalah sebagai ruang bertutur Pemangku Amanah Provinsi NTB atas Pemerintah terbuka yang telah dijalankan sehingga akan menjadi inspirasi bagi Nusantara dalam hal ini stake holder dan khususnya Kepala Desa agar menerapkan laku pandai menurunkan angka kemiskinan di daerah atau desa masing-masing, dan melalui Praktik Pemerintah terbuka mengingat konsentrasi Rakyat miskin di negara ini adalah lebih banyak di Desa.

Sementara itu, diadakannya festival ini bertujuan untuk mengkampanyekan keterbukaan informasi publik di masing-masing desa yang bersangkutan. Agar keterbukaan informasi bisa sampai ke masyarakat yang ada di desa-desa.

“Mari kita sukseskan Festival Desa Benderang Informasi Publik bersekala Nasional ini karena akan membawa serta harumkan nama NTB di Indonesia,” ujar Wakil Ketua KI NTB Najamudin Amys.

Diakhir sesi Najamudin Amy juga sampaikan ucapan selamat datang bagi semua peserta Festival DBiP Nasional. “Selamat datang para kepala desa dari seluruh NTB dan jajarannya, kepala desa dari provinsi se- Indonesia dan undangan lainnya. Ayo sukseskan festival DBiP, dari NTB menginspirasi Indonesia dalam implementasi keterbukaan informasi publik”, ucapnya mantap

Hadir juga semua Komisioner, L.Busyairi, H.Zaini, Hendriadi dan moderator dari Kesekretariatan Tarmidzi.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here