MAKASSAR – Hari ketiga di Makassar, usai menjalankan salat Subuh bersama masyarakat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang kini menjabat Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) memberikan orasi kepemudaan di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sabtu 28 Oktober 2017 pagi.

Orasi kepemudaan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 yang jatuh pada hari ini. Dimulai dengan pembacaan Sumpah Pemuda, puluhan anak-anak mengenakan baju adat nusantara memasuki panggung utama dipandu dua putra dan putri Paskibraka. Janji Sumpah Pemuda kemudian diucapkan oleh seluruh masyarakat yang hadir memenuhi Anjungan Pantai Losari.

Setelah pengucapan Janji Sumpah Pemuda, kepada para hadirin, perwakilan organisasi kepemudaan, masyarakat setempat, serta para pemuda lintas agama yang hadir, AHY menyerukan semangat hari Sumpah Pemuda yang digunakan untuk mencari persamaan untuk menuju Indonesia yang lebih maju.

Katanya, Sumpah Pemuda merupakan pengingat tentang semangat yang kemudian menjadi ikrar dan sumpah para pemuda di tahun 1928 yang lalu, sejatinya Indonesia adalah bangsa yang sangat majemuk, sangat heterogen, ditakdirkan hidup dalam keberagaman. ”Tentu akan habis energi kalau selalu mencari apa perbedaan kita, karena tidak akan ada habisnya,” kata AHY.

Namun, energi dan waktu harus dihabiskan untuk mencari kesamaan-kesamaan yang dimiliki. Yang jelas memiliki tujuan akhir yang sama. ”Yaitu Indonesia yang semakin maju, adil, aman, sejahtera, dan bermartabat,” ujarnya.

Oleh karena itu mari dipisahkan apa yang menjadi keyakinan masing-masing, jangan kemudian dibentur-benturkan dengan keyakinan-keyakinan yang lain. Toleransi dan juga harmoni harus jadi fondasi dari negeri.

Setelah memberikan orasi kepemudaan, AHY dan Walikota Makassar Danny Pomanto bersama dua pemuda Paskibraka menandatangani ikrar Sumpah Pemuda sebagai komitmen menuju Indonesia Emas 2045. Sejak subuh Anjungan Pantai Losari telah dipadati oleh masyarakat Makassar yang mengikuti salat Subuh berjamaah bersama AHY. Salat Subuh berjamaah ini merupakan program pemerintah Makassar untuk warganya. Jamaah salat Subuh pagi ini tidak langsung meninggalkan tempat karena ingin mengikuti Orasi Kepemudaan oleh AHY.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here