MAKASSAR : Sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap sesama, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) putra Susilo Bambang Yudhoyono mengajak para mahasiswa untuk mendonorkan darahnya usai memberikan kuliah umum di Universitas Sultan Hasanuddin (UnHas), Makassar Sulawesi Selatan, Kamis 26 Oktober 2017 sore.

Kegiatan donor darah ini adalah inistiatif AHY Foundation yang bekerjasama dengan PMI Makassar dan UnHas. AHY yang merupakan Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) juga melakukan donor darah setelah memeriksakan kesehatannya dan dinyatakan layak untuk mendonorkan darahnya, dan diikuti oleh para mahasiswa yang lainnya.

Sebelumnya, dihadapan lebih dari lima ribu mahasiswa, AHY memberikan kuliah umum bertema: “Pemuda, Sains, dan Teknologi Menuju Indonesia Emas 2045″ di Aula Baruga UnHas. Menurutnya, semakin canggihnya teknologi yang ada di genggaman tangan kita, maka kita akan semakin tergantung. ”Tapi jangan sampai kita menjadi budak teknologi,” kata AHY.

AHY menjelaskan betapa realitas revolusi di bidang teknologi akibat globalisasi telah menghadirkan berbagai peluang dan tantangan. Seperti diketahui bahwa abad 21 telah terjadi revolusi di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi. Dengan semakin majunya teknologi, semakin murah, semakin berkembang, maka sangat dimungkinkan akan tercipta teknologi-teknologi buatan. Nah ke depan, robot-robot buatan akan semakin dikembangkan. ”Suka tidak suka, siap tidak siap bumi kita akan dihuni oleh robot-robot ini,” ujar AHY.

Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute Ni Luh Putu Caosa Indryani mengatakan dalam rilisnya, AHY mengajak generasi muda Indonesia ini harus berpikir sekian langkah ke depan. Ikuti terus perkembangan, jangan ketinggalan. AHY berbicara di dalam kuliah umum yang diselenggarakan Ikatan Alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UnHas.

AHY diundang untuk menjadi narasumber sekaligus motivator bagi para mahasiswa-mahasiswi di Makassar. Mereka antusias menyambut kedatangan AHY. Wakil Rektor 1 UnHas Junaedi Muhidong menyambut kehadiran AHY didampingi sang istri Annisa Pohan. “Selamat datang di kampus merah Universitas Hasanuddin,” ucap Junaedi. “Semoga kedatangan mas Agus di kampus Unhas ini bisa memberikan sesuatu yang agak berbeda ke depan,” katanya kemudian.

AHY sendiri baru tiba di kota Angin Mamiri pada pagi harinya. Kedatangan AHY dan istri disambut Ketua DPD Sulsel H. Ni’Matullah. Suasana bandara Sultan Hasanuddin pun diramaikan dengan tarian daerah Gandrang Bulo yang dibawakan anak-anak kecil dari sanggar tari Sirajuddin Gowa.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here