GIRI MENANG – Di akhir tahun ini Kabupaten Lombok Barat (Lobar) tidak henti-hentinya menerima kunjungan dari daerah lain. Setelah sebelumnya kedatangan Bupati Temanggung, kali ini giliran Kota Bukit Tinggi, Provinsi Sumatera Barat mendatangi Gumi Patut Patuh Patju. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Bukit Tinggi, M. Ramlan Nurmantias membawa lengkap jajaran Forkopimda Kota Bukit Tinggi. Rombongan diterima langsung oleh Bupati Lobar Fauzan Khalid beserta jajarannya di ruang rapat Jayengrane, Kamis 26 Oktober 2017.

Kota yang mayoritas penduduknya muslim ini juga merupakan daerah yang sedang mengembangkan sektor pariwisatanya. Berbeda dengan Lombok Barat yang mengandalkan keindahan pantainya, Kota Bukit Tinggi memiliki keungulan pada destinasi wisata alamnya.

Menurut Ramlan Nurmantias, tujuan kunjungan adalah untuk belajar bagaimana cara Lobar mengelola pariwisatanya. Kami melihat di Lobar perkembangan sektor pariwisatanya sangat pesat. ”Oleh karena itu kami datang kesini untuk berbagi pengetahuan tentang pariwisata,” kata M. Ramlan di awal perkenalan.

Bupati Lobar Fauzan Khalid dalam penerimaannya memaparkan kondisi Lobar sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan Kota Bukit Tinggi. “Pak Wali Kota ini pintar juga jadi guide. Beliau memaparkan kondisi Kota Bukittinggi, saya langsung ingin angkat kaki pergi kesana,” ujarnya berseloroh.

Fauzan Khalid menjelaskan, selain kawasan Senggigi, Pemkab Lombok Barat sudah mulai mengembangkan destinasi wisata di wilayah selatan, tepatnya di Kecamatan Sekotong.

Salah satu yang dilakukan untuk mengembangkan pariwisata di Lobar adalah dengan melakukan promosi, yaitu dengan mengadakan even- even bertaraf internasional. Salah satunya adalah Mekkaki Marathon Internasional dan Festival Jazz. ”Yang diselenggarakan setiap tahun,” ucap Fauzan.(*/sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here