MATARAM – Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) menyiapkan hadiah mobil Toyota kepada para pegolf peserta turnamen Ulang Tahun Provini NTB ke 59 yang akan berlangsung 9 Desember 2017 mendatang. Mobil yang disiapkan tersebut untuk peraih hole in one di lapangan golf Golong Narmada Lombok Barat milik Pemerintah Provinsi NTB.

Turnamen yang menargetkan diikuti 100 pegolf baik asing diantaranya dari Malaysia maupun nasional, merupakan rangkaian kegiatan wisata sport yang dikembangkan Dispar NTB setelah sebelumnya menyelenggarakan balap sepeda Tour de Lombok (April 2017), Rinjani 100 (Mei 2017) yang berupa lari di gunung Rinjani, Asia Chalenge Gran Fondo New York (September 2017) yang merupakan balap sepeda marathon jarak 165 Kilometer.

Turnamen Golf Ultah NTB ini, menurut Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal, merupakan salah satu cara mendatangkan wisatawan. ”Ini adalah upaya sebagai jualan pariwisata di lapangan golf milik Pemprov NTB,” katanya, Sabtu 21 Oktober 2017. Tahun 2017 ini, target kunjungan wisatawan ke NTB sebanyak empat juta orang yang terdiri dari dua juta orang wisatawan nusantara dan dua juta orang wisatawan asing.

Menurut Kaori Ushida dari Green Enterprise Indonesia Corporation (GEIC) yang mengelola padang golf GEC Rinjani 18 hole tersebut, kondisi lapangan cukup bagus pada saat turnamen. ”Normal walaupun ada hujan,” ujarnya. Selain meningkatkan animo pegolf bermain dalam turnamen juga membantu penghasilan 64 orang karyawan termasuk 17 cady yang berasal dari pemukiman penduduk di sekitar padang golf tersebut.

Padang golf di Golong Kecamatan Narmada ini dibuka 21 Maret 1993 lalu. Lokasinya sekitar 15 kilometer arah timur laut dari kota Mataram terletak di dalam kawasan wisata Suranadi.

Lapangan Golf Golong (LGG) 18 hole ini dibangun oleh PT Green Enterprise Indonesia Corporation LTD (GEIC) – sebuah perusahaan patungan antara Green Enterprise Company LTD (GEC) Jepang dan PT. Hijau Delta Lombok (HDL) Indonesia – menggunakan dana investasi sekitar US $ 14 juta dolar AS. Dari GEC 80 persen dan selebihnya berasal dari HDL.

LGG 18 hole ini menggunakan tanah milik Pemprov NTB seluas 76 hektar. Semula tanah pemda hanya 34 hektar saja. Kemudian Pemprov NTB menambah 42 hektar yang duitnya berasal dari bantuan GEIC.

Peningkatan turnamen golf tersebut diharapkan bisa mendatangkan wisatawan penyuka golf datang untuk bermain di Lombok. Selain padang golf GEC Rinjani, juga ada lapangan golf Lombok Golf Kosaido di Sire Kabupaten Lombok Utara.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here