GIRI MENANG – Hujan dan angin kencang (puting beliung) yang terjadi Selasa 17 Oktober 2017 sore telah mengakibatkan lebih dari lima puluh rumah warga Desa Bug-bug Kecamatan Lingsar rusak. Untuk memberi penanganan cepat, Ketua TP PKK/istri Bupati Lombok Barat (Lobar) Khaeratun Fauzan Khalid bergerak cepat memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang terkena musibah, Rabu 18 Oktober 2017.

Khaeratun membawa SKPD terkait seperti Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lobar untuk memberikan bantuan kepada korban berupa mie instan, biskuit, air mineral, matras, dan terpal serta makanan siap saji. Seluruh bantuan tersebut dihimpun melalui swadaya dan anggaran kedaruratan dari 2 SKPD tersebut.

Khaeratun Fauzan Khalid mengatakan menghimbau warga masyarakat supaya berhati-hati. ”Tidak ada yang tahu musibah itu datang, ” katanya. Kemarin tiba-tiba hujan disertai dengan angin kencang sehingga merusak rumah warga.

Kepala Seksi Logistik BPBD lobar Tohri menyampaikan lokasi bencana yang terjadi kemarin sore di Desa Bug-bug merata mengenai semua dusun. Lokasi yang paling parah itu di Dusun Terep, rumah yang rusak berat itu sebanyak 3 unit, rusak sedang sebanyak 5 unit dan rusak ringan sebanyak 3 unit sedangkan di Dusun Bug-bug Utara Timur, rumah yang rusak ringan sebanyak 4 unit, rusak ringan sebanyak 4 unit, di Dusun Bug-bug Selatan Barat rusak sedang sebanyak 9 unit, rusak berat sebanyak 1 unit, di dusun Bug-bug Utara rumah yang rusak sedang sebanyak 2 unit dan 2 lokal bangunan di SDN 1 Bug-bug dalam kondisi rusak. Di Dusun Bug-bug Selat Timur, rumah yang rusak ringan sebanyak 11 unit.

“Jumlah rumah yang rusak sebanyak 42 rumah Rusak Berat sebanyak 4 unit, Rusak Ringan sebanyak 20 unit dan Rusak Ringan sebanyak 18 unit, ” ujarnya.

Korban sebanyak 2 orang, korban ini lagi berada di dalam rumah tertindih sama reruntuhan bangunan dan korban yang satuan lagi mancing ditimpa sama atap rumah (seng) yang terbang mengenai kepalanya. Mereka sudah dirawat di Pukesmas Sigerongan.(*/sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here