GIRI MENANG – Salah satu program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat disambut baik pemerintah desa. Selain Desa Langko dan Desa Lingsar di Kecamatan Lingsar, Desa Golong di Kecamatan Narmada seakan tidak mau ketinggalan mensukseskan program Germas dengan mengadakan kegiatan jalan santai.

Germas sendiri meliputi kegiatan seperti olahraga, senam dan aktifitas fisik lainnya. Selain itu juga dengan mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

Ahad 15 Oktober 2017 pagi, ratusan warga meramaikan acara Jalan Santai. Kegiatan ini juga sebagai rangkaian kegiatan HUT Desa Golong yang ke enam. Selain masyarakat umum, jalan santai juga diikuti Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lalu Edy Sadikin, Kepala Dinas Kesehatan Rachman Sahnan Putra, Camat, para kepala desa, ketua BPD, LPM tokoh pemuda dan lembaga desa lainnya.

Edy Sadikin berharap agar Desa Golong yang sudah banyak menymbangkan prestasi ini dapat terus maju dan menjaga persatuan dan kekompakan serta kerja samanya. “Jaga kekompakan dan teruskan membangun,” katanya.

Kepala Desa Golong M. Zaenuddin menjelaskan terselenggaranya kegiatan jalan santai berkat dukungan elemen masyarakat dan dukungan semua pihak. Untuk itu Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Narmada itu mengajak kembali masyarakat untuk terus membangun sesuai misi visi yang di cita-citakan. ”Yakni membangun masyarakat sejahtera, aman, damai serta berkualitas dan bermartabat,” ujarnya.

Jalan santai ini mengambil rute mulai dari Kantor Desa Golong, menuju arah timur ke arah lapangan golf, kemudian masuk di Dusun Bangket Punik, selanjutnya masuk ke Dusun Kebun Nyiuh, Dusun Peninjauan dan terakhir titik kumpul kembali di kantor Desa.

Menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang, Pemerintah Desa Langko Kecamatan Lingsar Ahad 15 Oktober 2017 pagi juga menggelar Lomba Lintas Alam Green Tracking Adventure (GTA) 2017. Sekitar 1.500 peserta harus menyusuri rute sejauh 12 kilometer.

Adapun rute yang harus ditempuh peserta yakni melintasi Nyiur Bengkok Langko Daye menuju kebun dan hutan negara Dusun Bokeh Karang Bayan serta destinasi wisata air terjun Aik Kelep Desa Giri Madya dan kembali menuju tempat start dan berakhir di Lapangan Desa Langko,” jelas Ketua Panitia Akhmad Khotib.

Sebelum melepas peserta, Camat Lingsar Rusditah mengajak masyarakat untuk terus mengadakan kegiatan positif seperti ini. “Kegiatan ini bagus, untuk mewujudkan masyarakat Lombok Barat yang sehat,” ucapnya.

Semoga kedepannya event seperti ini dapat kita jual untuk memperkenalkan potensi parawisata yang ada di Desa Langko dan wilayah sekitar Kecamatan Lingsar lainnya. Lingsar siap menjadi destinasi wisata

Di desa Lingsar, memasuki usia ke lima, Karang Taruna “Solah Soloh Soleh” Desa Lingsar diminta terus jaga kekompakan. Semoga melalui organisasi ini bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap peran dalam pembangunan desa. Juga dalam melaksanakan kegiatan seperti ini agar selalu menjaga kebersamaan, kekompakan dan kesatuan hati dalam melakukan suatu kegiatan agar bisa terlaksana dengan baik. Seperti kata dalam bahasa Sasak “Besopoq Angen”.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Lingsar Abdul Hadi saat melepas 700 peserta jalan santai di area parkir Pura Lingsar. Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda sekaligus merayakan Hari Lahir Karang Taruna “Solah Soloh Soleh” Desa Lingsar.

Mengambil tema “Berjalan Santai Berwisata Bertanam”, kegiatan jalan santai ini dirangkai dengan kegiatan penghijauan. “Maksudnya, Desa Lingsar merupakan sumber mata air dan memiliki salah satu destinasi budaya sehingga melalui kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang positif untuk melestarikan hal-hal tersebut,” kata Abdul Hadi.

Ketua Panitia Sahibudin Apriadi memaparkan rute yang diam bil para peserta. Start dari parkiran Pura Lingsar menuju Simpang Empat Sarasuta Dusun Lingsar Barat ke arah utara pemandian Sarasuta lalu ke arah timur menuju Dusun Lingsar Timur dengan melintasi sungai hingga Pura Ulon dan Kedai Lilin. Dilanjutkan menuju Dusun Lingsar Keling melintasi kolam telaga beleq kompleks pura lingsar dan finish di lokasi awal.

Acara semakin meriah saat panitia membagikan doorprize bagi para peserta. Bukan itu saja, aneka lomba seperti lomba mewarnai bagi siswa -siswi Paud, lomba Fun Photo serta penampilan band reggae “Amtenar” menambah keseruan acara.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here