JAKARTA – Sejak Kamis 12 Oktober 2017 kemarin, Bank Commonwealth membuka layanan digital branch. Nasabah tidak lagi menghabiskan waktu mendatangi kantor cabang. Digital Branch Bank Commonwealth memberikan setidaknya tujuh pengalaman perbankan berbeda bagi nasabah. Di antaranya adalah pembukaan rekening end-to-end dalam waktu 10 menit, tersedianya self-service digital experience, proses yang paperless, hingga petugas bank yang mobile, tidak duduk di belakang meja.

Saat ini Digital Branch Bank Commonwealth telah beroperasi di tiga lokasi, yaitu di WTC 6 Sudirman, Kensington Kelapa Gading, serta Pantai Indah Kapuk. Di tahun 2018, Digital Branch akan dibangun di kota Bandung dan Surabaya.

Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati menjelaskan melalui keterangan pers tertulisnya bahwa Digital Branch Bank Commonwealth juga akan dijadikan tempat memperkenalkan layanan digital yang akan membantu nasabah untuk bisa menggunakan berbagai fungsi digital banking. ”Yang bisa dilakukan nasabah tanpa harus datang ke cabang,” kata Lauren Sulistiawati.

Kunjungan ke cabang sering kali dinilai memakan waktu dan nasabah kerap harus mengantri panjang di cabang. Teknologi terbaru yang diusung Digital Branch Bank Commonwealth menawarkan pengalaman nasabah yang lebih nyaman, mudah dan cepat. Layanan perbankan di Digital Branch Bank Commonwealth memberikan customer experience yang berbeda dibandingkan dengan perbankan tradisional. Semua dikemas berdasarkan Digital Journey and Experience end-to-end dari proses advisory, branch design, branch staff service.

Bank Commonwealth berharap Digital Branch menghadirkan best in class customer experience melalui digital technology-nya di Indonesia. Tranformasi cabang ini bertujuan untuk mendukung nasabah dalam memenuhi kebutuhan finansialnya lebih baik dengan memahami dan memakai kapabilitas digital banking yang bisa diakses melalui smartphone.

Direktur Retail Banking Bank Commonwealth Rustini Dewi menambahkan bahwa Digital Branch tidak hanya mengusung sisi teknologi. Digital Branch juga mengutamakan kenyamanan nasabah dari aspek lokasi dan desain tata ruang. Cabang-cabang ini dirancang dengan konsep ruang terbuka, seamless, dan modern. Lokasinya pun berada di area-area yang mudah dijangkau oleh Nasabah,” ujar Dewi.

Selain bernuansa modern, Digital Branch juga memperhatikan pentingnya kenyamanan serta ambience dengan desain yang kental nuansa Indonesia seperti interior dari rotan dan motif batik atau tenun dalam desain tata ruangnya. “Nuansa Nusantara ini hadir mengimbangi nuansa dinamis dan praktis digital banking, sehingga membuat suasana di cabang lebih nyaman,” ucap Dewi.

Tujuh keunikan yang ditawarkan Digital Branch secara terinci mulai dari pembukaan rekening dalam waktu 10 menit melalui Tyme Digital Kiosk. Dengan mudah dan cepatnya proses pembukaan rekening ini termasuk aktivasi Kartu ATM serta Internet Banking dan Mobile Banking, para nasabah tak perlu lagi mengantri maupun bolak-balik ke cabang lagi.

Area self-service digital experience, nasabah dapat mencari informasi produk dan layanan Bank serta mengakses internet dan mobile banking melalui tablet yang disediakan secara mandiri.
Berikutnya, pendekatan personal dan interaktif. Untuk membuat nasabah merasa nyaman, petugas bank melayani Nasabah secara personal dan interaktif. Seterusnya, Green Banking melalui e-form dan e-brochure. Formulir maupun brosur cetak telah ditransformasi menjadi e-form maupun e-brosur.

Petugas Bank yang bersifat mobile, Bank Commonwealth sebagai pionir yang memperkenalkan konsep mobile bagi petugas Bank di cabang. Setiap petugas bergerak dengan dinamis melayani para nasabah, tidak hanya di station Customer Service atau teller, namun juga di area layanan digital lainnya.

Digital branch adalah tempat bertemu yang nyaman untuk nasabah bank. Dengan tampilan ala kafe, Nasabah dapat melakukan diskusi, konsultasi serta pertemuan dengan petugas bank, maupun menghadiri event-event yang diadakan oleh Bank Commonwealth dengan/atau partner.

Informasi yang terkini, nasabah dapat memperkaya wawasannya terkait informasi perbankan terbaru melalui video wall yang tersedia, termasuk nilai tukar valuta asing yang terkini.

Bank Commonwealth telah meluncurkan salah satu milestone penting yang menunjukkan komitmen bank dalam transformasi digital pada 2 Agustus lalu, Tyme Digital Kiosk. Tyme Digital Kiosk merupakan pionir perbankan digital yang memungkinkan calon Nasabah untuk membuka rekening bank dalam waktu 10 menit. Hingga kini, Tyme Digital Kiosk telah hadir di 30 lokasi di Jabodetabek. Tyme Digital Kiosk telah mendapatkan MURI Awards sebagai platform pembukaan rekening pertama di Indonesia yang dilakukan secara digital end-to-end termasuk aktivasi Kartu ATM, serta Internet Banking dan Mobile Banking dalam waktu 10 menit.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here