MATARAM – Baru 82 persen penduduk Kabupaten Lombok Barat (Lobar) yang telah melakukan perekaman elektronik kartu tanda penduduk (eKTP), Pemerintah Lobar melakukan jemput bola. Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) mengundang rapat kordinasi lembaga kemasyarakatan untuk mempercepat kepemilikan eKTP.

Tadi pagi, Selasa 10 Oktober 2017, di ruang rapat Jayengrane Kantor Bupati Lobar diselenggarakan rapat kordinasi yang melibatkan Forum Kepala Desa, Kementerian Agama, Perwakilan Umat Budha dan Parisadha Hindu Dharma. ‘’Kami ingin percepat penyelesaiannya,’’ kata juru bicara Pemerintah Lobar Saiful Ahkam.

Sesuai data Dukcapil Lobar, hingga September 2017 ini 432.303 jiwa atau 82 persen dari 520.092 wajib KTP sudah melakukan perekaman eKTP dan sudah memiliki e-KTP. Sebanyak 426.446 sudah melakukan perekaman saja, sedangkan 32.117 jiwa sudah direkam namun belum mendapat KTP asli dan 93.646 jiwa masih belum melakukan perekaman.

Kepala Dukcapil Lobar Muridun mengatakan kehadiran pimpinan lembaga tersebut diharapkan bisa membantu menghimbau masyarakat untuk melakukan perekaman. ‘’Target dari Mendagri, perekaman e-KTP harus sudah tuntas bulan Desember 2017,” ujarnya.

Selama ini, Disdukcapil sudah melakukan berbagai cara untuk percepatan. Melakukan perekaman diberbagai tempat. Mulai dari layanan perekaman di kantor Disdukcapil, di kecamatan-kecamatan, jemput bola keliling desa mulai Senin sampai Kamis. ‘’Kami juga menggunakan mobile keliling ke tempat ramai hingga menyasar daerah terpencil,” ucapnya.

Dalam Anggaran Perubahan, Disdukcapil juga sudah mengusulkan penambahan alat perekaman. Diharapkan usulannya dapat disetujui sehingga mampu memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here