MATARAM – Sekitar 12 hektar lahan hutan di lembah gunung Rinjani yang terletak di Bukit Telaga Di Desa Sembalun Lawang mengalami kebakaran. Kebakaran yang melanda wilayah sepanjang lebih dari satu kilometer berada di titik koordinat 08 22′ 30,6″ S & 116 31′ 51,7″ E. Terjadi sejak tengah hari tersebut, api diperkirakan bermula dari pembakaran lahan kebun yang tidak terkendali, pelaku masih dalam proses penyelidikan.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Agus Budi Santosa, kebakaran tersebut dilaporkan warga, Senin 9 Oktober 2017 sekitar pukul 13.17 WITA. Tim Siaga Bencana Daerah dan warga lainnya 27 orang dari Balai TNGR bersama aparat Koramil, Kepolisian Sektor, Tim Siaga Bencana Daerah, Masyarakat Peduli Api, Masyarakat Mitra Polhut, dan anggota masyarakat lainnya melakukan pemadaman.

Hingga pukul 16.30, api yang mengarah ke perkampungan warga dapat di kendalikan namun api yang berada pada areal yang curam/tebing masih ada. Sementara ini tim pemadam melakukan pemantauan karena pertimbangan keselamatan.(*/sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here