JAKARTA – Kabupaten Lombok Barat (Lobar) lagi-lagi menunjukkan prestasinya di ajang nasional. Setelah Desa Lingsar, melalui Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Montong Are Kecamatan Kediri, Lobar berhasil memperoleh prestasi tertinggi tingkat nasional, yaitu Upakarti Utama I dalam Lomba Pelaksanaan Tertib Administrasi PKK.

Desa di ujung timur Kota Santri ini bersaing dengan ribuan desa se-Indonesia untuk mampu menunjukkan prestasi di kategori paling bergengsi dari 4 kategori yang dilombakan. Menurut Kepala Bagian Humas Protokol Saiful Ahkam, melalui Surat Keputusan bernomor 20/KEP/PKK-pst/IX/2017, Desa Montong Are berdiri sejajar dengan Desa Wulung Sari di Kabupaten Wonosobo, Desa Panggungharjo di Kabupaten Bantul, dan Desa Sirahan di Kabupaten Magelang sebagai para Juara I di setiap kategori.

Penganugerahan tersebut diberikan langsung oleh Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo pada acara puncak Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang ke-45 dan Jambore Nasional Kader PKK di Hotel Mercure Jakarta, Senin 2 Oktober 2017 dan disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Jokowi.

Ketua TP PKK Desa Montong Are Ibu Siti Zainab Mudjitahid menerima penghargaan tersebut dengan senyum bangga didampingi oleh Hj. Erika Zainul Madjdi dan Hj. Khaeratun Fauzan Khalid selaku Ketua TP PKK Provinsi NTB dan Ketua TP PKK Lobar. Terutama Ibu Hj. Khaeratun yang tidak bisa menyembunyikan rasa gembiranya. “Terbayarkan sudah perjuangan kita melakukan pembinaan di bawah. Desa Montong Are harus bisa menjadi contoh buat PKK di Desa lainnya,” ujar istri orang nomor satu di gumi Tripat ini.

Dengan didampingi oleh sekretarisnya, Siti Zainab tidak kalah bangganya menceritakan perjuangan mereka sehingga bisa meraih prestasi tertinggi dalam kategori paling penting di Lomba PKK. “Ini semua karena dukungan suami saya selaku Kepala Desa di samping pembinaan oleh Tim Kabupaten. Kami dibantu tidak hanya dengan anggaran, tapi juga selalu diberikan arahan,” ucap istri Kepala Desa Montong Are ini.

Lombok Barat sendiri dalam acara tersebut mengutus tujuh orang dari 60 orang lebih kader PKK se Provinsi NTB untuk mengikuti Jambore Kader PKK Tahun 2017 yang seluruh pesertanya berjumlah lebih dari 1.600 orang.

“Lobar akan terus terus bergerak maju dengan semua elemen yang ada. Dalam lomba PKK tahun ini pun, Pemkab Lobar melalui Dinas PMD, TP PKK Kabupaten, Dinas Kesehatan, dan SKPD lain saling dukung untuk mewujudkan prestasi di ajang provinsi dan nasional,” kata Ahkam.(*/sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here