GIRI MENANG – Untuk membantu polisi melakukan tugas keamanan ketertiban masyarakat, Desa Buwung Sejati Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat memiliki 45 orang anggota polisi desa. Sebagai mitra Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) mereka merupakan perwakilan dari masing-masing dusun.

Terbentuknya Polmas tersebut, menurut Kepala Desa Buwun Sejati Bambang Kurdi Sartono, mengingat desanya penduduknya masih jarang dan infrastruktur jalan dan lampu masih terbatas. ”Karena merupakan desa wisata, tentu keamanannya sangat dibutuhkan,” kata Bambang Kurdi Sartono, sewaktu pengukuhan Polmas yang dihadiri Bupati Lobar Fauzan Khalid.

Desa yang terletak di timur Kecamatan Narmada ini memiliki potensi wisata alam Tibu Atas. Tibu dalam bahasa sasak artinya cangkrongan (tempat penurunan air), bagi masyarakat petani cangkrongan digunakan sebagai tempat pembagi air yang masuk ke sawah-sawah warga melalui jalur irigasi pertanian. Namun Tibu Atas lokasinya lebih rendah dari sawah warga di Dusun Batu Asak. Lokasi ini di apit oleh sawah warga di sebelah selatan dan hutan kemasyarakatan kawasan rinjani Desa Buwun Sejati.

Bupati Lobar Fauzan Khalid langsung mendengar keluhan masyarakat setempat terkait jalan. Ia menjanjikan akan mengaspal jalan sepanjang 2,5 kilometer di Buwun Sejati tahun 2018. “Jalan di Lombok Barat panjang sekali, oleh karena itu tentu pembangunannya bertahap,” ujar Fauzan.(*/sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here