MATARAM – Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral di Republik Indonesia, memiliki tugas yang sangat penting dalam menjaga stabilitas nilai rupiah. Baik yang tercermin dari tingkat inflasi maupun nilai tukar rupiah terhadap valuta asing. Dalam pelaksanaan tugasnya, pemahaman masyarakat terhadap peran dan tugas Bank Indonesia menjadi sangat penting guna mendukung kelancaran transmisi kebijakannya.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap peran dan tugas BI tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB meresmikan Pojok Bank Indonesia / BI Corner di Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMat). Peresmian tersebut dihadiri oleh Rektor UMMat Drs. H. Mustamin H. Idris, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi NTB, Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan BSN Indonesia, General Manager Garuda Indonesia Provinsi NTB, serta ratusan civitas akademika UMMat. Kegiatan peresmian BI Corner tersebut bersinergi dengan peresmian pusat corner Univ. Muhammadiyah Mataram, yang terdiri dari Garuda Indonesia Corner dan BSN Corner.

Bertempat di Gedung Fakultas Kedokteran UMMat, Kepala BI Provinsi NTB Prijono menyampaikan bahwa tantangan bangsa Indonesia kedepan akan semakin berat. Tantangan tersebut harus dijawab dengan meningkatkan kualitas pendidikan, terutama pendidikan di kalangan mahasiswa yang merupakan kaum intelektual. Di Provinsi NTB sendiri, peningkatan kualitas pendidikan menjadi tantangan yang perlu dijawab. ”Guna mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi NTB,” katanya..

BI turut berkontribusi untuk ikut mendorong peningkatan kualitas pendidikan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Dengan mengusung tema “Indonesia Cerdas”, Bank Indonesia berinisiatif untuk membangun Pojok Bank Indonesia / BI Corner sebagai wadah guna mendorong pemahaman masyarakat tentang peran dan tugas Bank Indonesia

Prijono juga menegaskan, selain untuk mendorong pemahaman masyarakat tentang tugas Bank Indonesia, keberadaan BI Corner ini juga bertujuan untuk mendorong minat baca. Survei dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukan bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih sangatlah rendah, yakni hanya 0,001 persen saja. Sebaliknya, minat masyarakat Indonesia dalam menonton televisi justru lebih tinggi. Urgensi untuk meningkatkan minat baca, khususnya di kalangan mahasiswa, menjadi hal yang perlu diprioritaskan untuk mencetak sumber daya manusia NTB yang unggul guna menopang pembangunan NTB kedepannya.

Pembangunan BI Corner di UMMat ini adalah BI Corner ketujuh di Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya, BI Provinsi NTB telah membangun BI Corner di Universitas Mataram, Universitas Islam Negeri Mataram, Perpustakaan Daerah Provinsi NTB, Universitas Teknologi Sumbawa, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kota Bima, dan Universitas Hamzanwadi – Lombok Timur. Didukung dengan desain dan fasilitas yang memadai, serta koleksi pustaka yang berkualitas, Bank Indonesia berharap BI Corner ini dapat menjadi perpanjangan Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB untuk mendekatkan sumber informasi yang dimiliki kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UMMat menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan Bank Indonesia untuk membangun BI Corner di UMMat. Keberadaan BI Corner ini diharapkan dapat memperkuat sumber referensi yang dibutuhkan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya, terlebih BI Corner juga dilengkapi dengan publikasi-publikasi rutin Bank Indonesia serta jurnal-jurnal ilmiah yang terkini. Kedepan UMMat berharap kerjasama dengan Bank Indonesia akan terus terjalin dengan baik, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan mahasiswa.
\
Di BI corner disediakan publikasi rutin dr Bank Indonesia, dan juga hasil penelitian yg dilakukan. Buku yang ada di BI Corner sebagian besar terkait ekonomi. Ada juga yang untuk umum. BI Corner juga bisa akses komputer, untuk mengunduh jurnal ekonomi yang disediakan BI.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here