MATARAM – Untuk kepentingan komunikasi para pengungsi yang terdampak Gunung Agung di sekitar Karang Asem Bali, perusahaan telekomunikasi, XL Axiata menyiapkan bantuan sarana telekomunikasi, antara lain berupa telepon umum gratis (TUG), kartu SIM, dan akses internet di lokasi pengungsian. Sarana ini akan bisa membantu kebutuhan komunikasi warga korban, dan juga bisa dimanfaatkan oleh aparat yang bertugas melakukan penanganan korban bencana.

Guna mengantisipasi terdampaknya warga akibat kemungkinan erupsi Gunung Agung, XL Axiata juga terus memantau kondisi untuk memastikan operasional jaringan telekomunikasi di sekitar Gunung Agung. Ada sekitar 21 BTS di seputar Gunung Agung. BTS terdekat berjarak sekitar 8 km yaitu di Pura Besakih. BTS-BTS tersebut selama ini menjadi penopang layanan bagi masyarakat di pedesaan kaki Gunung Agung, yang sebagian di antaranya juga menjadi tujuan wisata.

Caretaker VP East Region XL Axiata, Mochamad Imam Mualim mengatakan langkah antisipasi dalam mengamankan jaringan telah dipersiapkan oleh XL Axiata, termasuk juga antisipasi melonjaknya trafik layanan di lokasi-lokasi pengungsian jika aktivitas Gunung Agung terus meningkat. XL Axiata akan berusaha menyediakan jaringan yang memadai agar kebutuhan telekomunikasi dan data bisa terlayani dengan baik. ”Terutama upaya penanganan bencana yang dilakukan oleh berbagai instansi terkait,” katanya melalui keterangan pers, Senin 25 September 2017 sore. Hingga saat ini kondisi jaringan masih aman dan tidak mengalami gangguan berarti. Sehingga layanan kepada pelanggan tetap berjalan normal.

Status bahaya Gunung Agung di Bali terus meningkat. Ribuan warga sekitarnya terus mengungsi dan telah mencapai jumlah puluhan ribu. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengambil inisiatif untuk segera menyalurkan bantuan bagi warga yang mengungsi di lokasi-lokasi pengungsian yang dikoordinir oleh pemerintah daerah setempat, yaitu antara lain di Posko Ulakan dan Posko Menanga yang berada di Kecamatan Manggis dan Rendang, Kabupaten Karangasem. Bantuan tahap pertama telah disalurkan berupa bahan makanan. Tim XL Axiata yang didukung para diler di Bali mengantisipasi perkembangan di lapangan, terutama dalam penyediaan bantuan di tahap selanjutnya. ”Telah disiapkan bantuan berikutnya berupa obat-obatan, dan keperluan dadurat lainnya bagi pengungsi,” ujarnya.

XL Axiata memberikan simpati yang dalam kepada warga masyarakat yang terpaksa harus mengungsi ke lokasi yang aman, seiring dengan terus meningkatnya status Gunung Agung. Untuk itu, mengambil inisiatif untuk membantu pemerintah daerah dalam menyediakan bantuan bagi pengungsi berupa bahan-bahan kebutuhan hidup secara darurat. ”Kami akan terus memantau kondisi yang berkembang untuk menyiapkan bantuan lebih lanjut,” ucapnya.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here