MATARAM – Bank Indonesia sebagai bank sentral di Republik Indonesia, memiliki tugas yang sangat penting dalam menjaga stabilitas nilai rupiah, baik yang tercermin dari tingkat inflasi maupun nilai tukar rupiah terhadap valuta asing. Dalam pelaksanaan tugasnya, pemahaman masyarakat terhadap peran dan tugas Bank Indonesia menjadi sangat penting guna mendukung kelancaran transmisi kebijakan Bank Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap peran dan tugas Bank Indonesia tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kanwil Kementerian Agama melaksanakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kebanksentralan 2017. Lomba tersebut ditujukan bagi seluruh siswa-siswi SMA dan MA se-Provinsi NTB, guna memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah.

Pelaksanaan LCC Kebanksentralan 2017 tersebut terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah pelaksanaan Lokakarya Kebanksentralan dan Sosialisasi LCC 2017. Kegiatan lokakarya tersebut telah dilaksanakan tiga kali, yakni pada tanggal 14 September di Kota Bima, 16 September di Kabupaten Sumbawa, dan puncaknya Selasa 19 September di Kota Mataram. Ratusan peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi se-Provinsi NTB terlihat sangat antusias dalam menyimak pemaparan narasumber yang ada.

Berlangsung di Aula Serbaguna BI NTB, Kepala Perwakilan BI NTB rijono mengatakan bahwa tantangan bangsa Indonesia kedepan akan semakin berat. Tantangan tersebut harus dijawab dengan meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di generasi muda. Di Provinsi NTB sendiri, peningkatan kualitas pendidikan menjadi tantangan yang perlu dijawab bersama guna mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi NTB. Pelaksanaan LCC Kebanksentralan 2017 ini adalah salah satu wadah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tersebut, selain mendorong pemahaman siswa-siswi terkait tugas Bank Indonesia.

Prijono juga berharap terjadi semangat berkompetisi yang sportif di kalangan peserta. Dengan semangat berkompetisi tersebut, maka siswa-siswi akan didorong untuk terus meningkatkan wawasannya, khususnya terkait Bank Indonesia. Namun perlu diingat bahwa nilai-nilai kejujuran perlu dijunjung tinggi, jangan sampai melakukan segala cara yang tidak sportif untuk memenangkan kompetisi.

Kegiatan LCC Kebanksentralan 2017 sendiri masih akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Oktober 2017, bertempat di Kantor BI Provinsi NTB – Mataram. Pendaftaran peserta masih dapat dilakukan sampai tanggal 29 September 2017. Seluruh peserta lomba akan memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah, termasuk hadiah wisata edukasi ke Jakarta bagi pemenang LCC Kebanksentralan 2017.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here