MATARAM – Asia Challenge Gran Fondo New York 2017 di Lombok dimenangkan Raziff Jaafar dari Malaysia yang menjadi yang tercepat di Top 3 Overall dengan waktu bersih atau net time 04:17:49. Disusul Michael Naert dari Singapore dengan waktu 04:16:50, kemudian finish ketiga oleh Alexander Ivakov dari Rusia dengan waktu 04:17:12.

Untuk Top 3 Overall Female pertama diraihi oleh Shirley Teo dari Singapore dengan waktu 05:53:18 kedua oleh Fransisca Harlijanto dari Indonesia dengan waktu 06:45:21 serta ketiga ditempati oleh Jcy Ho asal Hongkong dengan waktu 06:57:39.

Untuk podium pertama Overall Category Male dan Female mendapat privilege untuk berada di first coral (start di depan) pada GFNY yang berlangsung di New York bulan Mei 2018. ‘’Biayanya masing-masing ditanggung oleh penyelenggara,’’ kata Kordinator GFNY Indonesia di Lombok Tenne Permatasari.

Kelompok secara umum dibagi dua kategori yaitu untuk race adalah Gran Fondo 165 K dan Medium 80K adalah non race atau bersifat fun.

Untuk mendapatkan posisi first coral atau peserta terdepan memasuki finish sekitar jam 10:00 WITA. Untuk pemenang kategori umur sejumlah 10 persen dari jumlah peserta di kategori umur tersebut yang dapat privilege yang sama yaitu mendapat first coral atau start di depan.

GFNY Indonesia 2017 atau bersepeda marathon kedua kalinya di Lombok ini diikuti oleh 800 orang peserta dari 33 negara. Kegiatan ini didukung diantaranya Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat. Deputi Bidang Pemasaran dan Pariwisata Kementrian Pariwisata RI Esti Reko Astuty mengajak peserta sambil berlomba menikmati pemandangan alam di Lombok. ‘’Wonderful Indonesia,’’ ujarnya teriak.

Lintasan GFNY Indonesia 2017 di Lombok ini menempuh jarak 27 kilometer pertama di jalan datar dari Mangsit Lombok Barat hingga ke kota Mataram, kemudian berbalik arah melintasi Hutan Pusuk pada ketinggian 332 meter yang di pinggir jalan terdapat ratusan monyet, serta jarak 100 kilometer berikutnya menyusuri pinggiran sepanjang pantai utara hingga Desa Anyar kilometer 94 di bawah Gunung Rinjani, dan 24 kilometer terakhir melintasi pemandangan terindah melewati tanjakan curam di pinggiran tebing. Pemandangan laut Selat Lombok di Nipah dan Malimbu menarik pesona yang melihatnya.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat Lalu Moh Faozal menjelaskan bahwa GFNY 2017 di Lombok ini adalah bagian dari kegiatan Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017. ‘’Ini adalah salah satu dari wisata sport yang digalakkan di Lombok,’’ ucapnya. Kalau 2016 berlangsung melintasi kawasan wisata selatan Lombok Barat dan Lombok Tengah maka kali ini melintasi kawasan wisata di Lombok Utara.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here