MATARAM – Balap sepeda marathon Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia akan diselenggarakan lagi di Lombok, 3 September 2017. Target pesertanya 800 orang yang berasal dari 32 negara akan menjalani rute sejauh 165 kilometer keliling destinasi wisata di Kabupaten Lombok Utara, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah. Rencananya dilakukan test rute 6 Agustus 2017 yang pesertanya sekitar 75 orang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Kordinator Tim GFNY Indonesia di Lombok Tenne Permata Sari kepada Tempo menjelaskan rencana tersebut, Jum’at 28 Juli 2017 siang. Menurutnya, GFNY Malaysia menyertakan 60 orang pemenangnya asal berbagai negara. ‘’Jika mereka memenangkan di Lombok, dinyatakan sebagai pemenang Championship Asia,’’ kata Tenne Permata Sari yang membantu suaminya, Acel Moeller asal Jerman selaku penggagas pertama.

GFNY Indonesia di Lombok ini terdiri dari kategori Overall, usia, tim, him and her (pasangan). Persyaratannya adalah menggunakan sepeda balap. ‘’Ini adalah one day race. Kalau tahun lalu touring long distance,’’ ujar Tenne Permata Sari.

Rute yang sudah ditetapkan GFNY di Lombok adalah berawal dari kawasan wisata Mangsit di utara Senggigi, melalui Malimbu, Pemenang, Pusuk, Mataram, Labu Api, Sekotong, Teluk Sepi, Batu Jangkih, Batu Jahe dan Mataram. ‘’Peserta akan menemui keindahan alam di Batu Jangkih. Waktu tempuhnya paling lama 12 jam,’’ ucapnya.

Untuk penikmat bersepeda disiapkan non race, rute berjarak 80 kilometer. 2 Oktober 2016 lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan keluarga serta Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi mengikutinya. Kali ini mereka juga didaftar ulang menjadi peserta termasuk Ketua Umum PB ISSI Raja Okto Saptahari. Lainnya adalah pesepeda asal Aceh dr Fauzan Batan dan Jong Mahakene (Papua).

GFNY Indonesia pertama di Asia yang digagas Acel Moeller, adalah bersepeda marathon yang spesifik Italia sehingga menggunakan jersey buatan Italia. Tahun 2016 lalu pesertanya berasal dari Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, Polandia, Jerman, Italia, Costarica, Canada, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, England, Colombia, Argentina, Jepang, Singapura, Norwegia, Great Britain, Mexico, Switzerland, Korea, Indonesia, Denmark, Holland, Sweden, Chile, China, Perancis, Finlandia dan Skotlandia.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here