MATARAM – Selama bulan puasa, rumah makan dan restoran di dalam hotel se kota Mataram sepertinya menjadi lokasi paling ramai dikunjungi. Menjelang berbuka puasa, hampir seluruh tempat-tempat kuliner dipenuhi pengunjung.

Misalnya Rumah Makan Ijo Gading yang terletak di sebelah barat Mal Mataram di Jalan Panca Usaha, baik di ruang terbuka besar maupun berugak-berugak yang bisa diisi 4-6 orang terisi. Demikian pula food center atau gerai-gerai kuliner yang ada di Lombok Epicentrum Mall, atau Malimbu Hotel Lombok Astoria maupun rumah makan tradisional Ayam Taliwang.

Direktur Utama Hotel Lombok Astoria Mataram Hendro Nyoman, rata-rata yang datang berbuka puasa di Malimbu sekitar 300 orang. ”Baik yang datang perorangan maupun berkelompok,” katanya. Menurutnya, ia menilai kondisi ekonomi masyarakat kota Mataram cukup bagus sehingga mampu berbuka bersama.

Di Rumah Makan Taliwang Nada, dua gedung yang masing-masing mampu diisi 50-75 orang dipadati warga yang berbuka puasa ala menu lokal ikan goreng dan plecingan ayam bersama plecing kangkung. Selasa 20 Juni 2017 malam, Indocement berjumpa mitra usaha dan tokoh masyarakat di sekitar silo di Lembar Lombok Barat.

Meskipun bukan akhir pekan, untuk bisa mendapatkan tempat di rumah makan-rumah makan ini mesti melakukan reservasi terlebih dahulu. ”Saya sudah ke mal. Tidak bisa dapat tempat duduk,” ujar warga Pagutan Asep Sapriudin sewaktu ditemui di Taliwang Nada.

Demikian pula di Hotel Santika Mataram, selalu ada acara berbuka puasa yang diselenggarakan lembaga ataupun perusahaan untuk relasi dan staf sejawatnya. Seperti Rabu 21 Juni 2017 petang ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat bertemu anggota Forum Wartawan Ekonomi.

Sales Manager Hotel Santika Mataram Fay Hajri menyebutkan berbuka puasa bersama ini menjadi tren warga kota Mataram. ”Ya di sini menjadi ajang silaturahim reuni bertemu kawan sekolah ataupun sahabat,” ucapnya.

Umumnya paket berbuka puasa di hotel dan rumah makan ini minimal Rp 80 ribu per pax yang lengkap terdiri dari berbagai lauk dan takjil serta buah-buahan untuk pencuci mulut.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here