MATARAM – Lima orang Imam Besar dari negeri Timur Tengah telah dijadwalkan untuk mengisi kegiatan Ramadhan 1438 H di Islamic Center Nusa Tenggara Barat (IC NTB). Mereka masing-masing dijadwalkan selama seminggu mengisi kegiatan mulai dari Sahur, Dialog Pagi, Berbuka Puasa, Tarawih dan Tadarusan.

Kelima imam besar tersebut adalah Prof. Dr. Syeikh Khalid Barakat (Lebanon), Syeikh Ezzat eL-Sayyed (Mesir), Syeikh Mouad Douaik (Maroko), Syeikh Ahmad Jalal Abdullah Yahya, (Yordania) dan seorang lagi dari Mesir yang masih ditunggu namanya dalam 2-3 hari mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh.Faozal menjelaskan adanya kehadiran para imam besar Timur Tengah tersebut di kantornya, Rabu 17 Mei 2017 sore. Pembukaannya dimulai 25 Mei 2017 hingga 26 Juni 2017. ”Semua kegiatan ini akan diawali tabligh akbar Ustad Yusuf Mansyur,” kata Faozal.

Bahkan, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi mengundang Presiden Joko Widodo untuk hadir pada peringatan Nuzulul Qur’an.

Tidak hanya didukung oleh para pelaku pariwisata, pengurus Persatuaan Islam Tionghoa Indonesia NTB dan Paguyuban Marga Tionghoa Indonesia NTB juga menyumbang 1.000 lampu lampion untuk menyemarakkan suasana malam selama Ramadhan di kota Mataram.

Dikemas dalam Program Pesona Khazanah Ramadhan, ada 28 kegiatan yang disiapkan oleh diantaranya berbuka puasa untuk 1.000 anak yatim di kompleks IC NTB yang disumbangkan oleh para pengusaha berasal dari Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapensi) NTB. pengusaha hotel di Lombok. ”Untuk memudahkan komunikasi, juga digratiskan jaringan wifi,” ujar Faozal. Koneksinya disiapkan oleh Telkomsel. Ini juga memudahkan para jurnalis melalui ketersediaan perangkatnya di media center.

Para pelaku pariwisata juga akan memulai memasarkan kegiatan Pesona Khazanah Ramadhan di Mal Cito Surabaya, Ahad 21 Mei 2017. Ini sebagai bagian wisata halal yang selama dua tahun ini dimenangkan oleh NTB. Targetnya 10 persen dari kunjungan wisata halal diperoleh selama kegiatan bulan Ramadhan ini. Selain itu, Ketua KONI NTB Andy Hadianto juga mengatakan akan memberikan kegiatan jalan sehat lima kilometer di dalam kota Mataram. ”Seribu finisher akan mendapatkan sarung dan mukena,” ucap Andy. Selain itu juga disiapkan hadiah door prize berupa sepeda motor dan lainnya.

Di sepanjang jalan depan IC NTB juga akan dibuka bazar sore yang membuka 25 gerai kampung kuliner. Juga akan berpartisipasi 16 bank syariah menyiapkan ekonomi syariah.

Lainnya adalah pameran : 5.000 buku, busana dan pernak – pernik, foto NTB, handicraft, seni budaya Islam. Aneka lomba antara lain Vlog, Blog, fotografi, mewarnai kaligrafi, pantun Islami, dai remaja. Selebihnya berupa talkshow, kegiatan sosial dan hiburan Islami.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here