MATARAM – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama sekitar 1.500 orang pengurus daerah se Indonesia akan berada di Mataram Lombok selama lima hari, Jum’at – Selasa 5 – 9 Mei 2017. Mereka akan melakukan berbagai kegiatan dalam rangka Rapat Kerja Nasional Partai Demokrat (Rakernas PD) yang untuk kali pertama diselenggaran di luar Jakarta dan Bali.

Kehadiran SBY tersebut dijadwalkan dimulai di Jalan Udayana Mataram meramaikan car free day (CFD), Ahad 7 Mei 2017 dengan jalan sehat sejauh sekitar dua kilometer yang diikuti Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) . ”Kegiatannya akan ditandai dengan penanda tanganan petisi membangun pers bebas dan bertanggung jawab,” kata Ketua Seksi Publikasi dan Komunikasi Panitia Lokal Rakernas PD Farid Ma’ruf Tolomundu, Senin 1 Mei 2017 siang. Di lokasi tidak ditempatkan bendera partai.

Menurut Farid, petisi yang akan ditandangani di atas kain sepanjang 40 meter tersebut dalam rangka ikut memperingati Hari Kebebasan Pers se Dunia (World Press Freedom Day) yang berlangsung 3 Mei 2017. Diperkirakan akan ditandatangani 5.000 orang, memecahkan rekor penandatanganan petisi. ”Membangun kebebasan pers dan bertanggung jawab itu penting,” ujar Farid Ma’ruf Tolomundu.

Dalam serangkaian acara hari itu, juga dilakukan dimulainya penggalakan kejuaraan bola voli Nusantara sebagai langkah menghidupkan kembali prestasi tim voli Indonesia dan peluncuran buku SBY yang berisi kicauan di twitter dan pengumuman lomba penulisan esai Hari Pers Dunia : Tolak Hoax Dan Fitnah – Pers Sehat Rakyat Cerdas.

Pada CFD tersebut, juga disiapkan makanan gratis oleh pedagang setempat yang nilainya Rp 100 juta pembiayaannya ditanggung penyelenggara kegiatan. ”Ini untuk ikut memberdayakan pedagang kecil di sana,” ucap anggota Seksi Publikasi dan Komunikasi M Nashib Ikroman.

Tidak sebagai biasanya penyelenggaraan nasional di Mataram, kali ini penyelenggara tidak menyediakan mobil jemputan peserta dari bandar udara internasional Lombok, semata-mata agar menghidupkan transportasi lokal dari dan ke bandara. Juga para pedagang cindramata khas daerah diberika kesempatan membuka gerai di lokasi rakernas.

Setelah itu, sebagai bagian dari Demokrat Peduli Beri Solusi, diantaranya sore harinya dilakukan kegiatan di kampung nelayan Lingkungan Banjar Kecamatan Ampenan.

Mengenai Rakernas PD yang dimulai Senin 8 Mei 2017 pagi dan keesokan harinya dilakukan pelatihan Komunikator Kader Partai yang diikuti 20 orang peserta tingkat nasional. Pemberi materi apenguatan ideologi adalah SBY. ”Mereka ini akan menjadi ujung tombak partai.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here