MATARAM – Tim Kinan Cycling Team asal Malaysia memenangkan Tour de Lombok (TdL) Mandalika yang jarak keseluruhannya empat etape sejauh 485 kilometer (km) yang berlangsung selama empat hari sejak Kamis 13 April 2017 lalu. Di urutan kedua, Team UKYO Jepang dan ketiga tim Cartucho ES Kuwait.

Sedangkan untuk perorangan keseluruhan etape dimenangkan oleh Earl Nathan James asal Australia yang bergabung dalam tim UKYO Jepang yang menempuh waktu keseluruhan 12 jam 39 menit dan 27 detik. Benjami Prades Reverter (UKYO – 12:41:03), Davide Rebelin (Kuwait – 12:41:53).

Untuk empat etape ini Earl Nathan James memborong tiga jersey yaitu Yellow Jersey untuk kelas perorangan, Teal Jersey untuk sprint dan Polkadot Jersey untuk raja tanjakan.

Khusus etape 4 hari ini, yang berlangsung di tengah kota Mataram sebanyak 10 laps, Mohd Shahrul Matamin dari Trengganu Sapura Group (TSG) Malaysia menempuh waktu 2 jam 33 menit 25 detik, Jon Aberasturi Izaga dari UKYO Jepang (2:33:25), dan Mohammad Izat Hilmi Abdul Halil juga dari TSG Malaysia.

Untuk kategori pembalap Indonesia sebagai juara etape 4 adalah Abdul Gani dari KFC (2:33:25), disusul Iswana Arin (PGN – 2:33:25) dan Arifin Muhammad Imam (KFC – 2:33:25).

Keseluruhan etape kategori pembalap Indonesia, Dadi Suryadi yang walaupun tampil atas nama tim TSG Malaysia meraih waktu 12:53:01, Jamal Hibatullah (KFC – 12:57:34) dan Hari Fitranto (CCN – 12:59:56).

Sebelumnya, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi bersyukur bisa melangsungkan balap sepeda ini dengan baik. Rencananya, tahun 2018 akan kembali digelar sebagai bentuk salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisata sport. ”Untuk pembiayaan bisa digandengan mitra pengusaha,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal menyatakan belajar dari penyelenggaraan kali ini untuk kelangsungan tahun depan. ”Kemitraan pembiayaan lomba balap sepeda ini setengahnya bisa didapat dari sponsor,” ucapnya.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here