MATARAM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (BI NTB) menyalurkan dana beasiswa 2017 kepada 80 orang mahasiswa Universitas Mataram dan Institut Agama Islam Negeri Mataram. Masing-masing menerima Rp 750 ribu sebulan, sehingga jumlah keseluruhanya sebesar Rp 740 juta termasuk donasi untuk pembinaan Generasi Baru BI (GenBI) di dua perguruan tinggi negeri tersebut masing-masing Rp 10 juta.

Kepala Perwakilan BI NTB Prijono menjelaskan adanya penyaluran dana beasiswa tersebut, Kamis 30 Maret 2017. Penyerahan penetapan penerima beasiswa tersebut dilakukan di Aula Serba Guna BI NTB, sehari sebelumnya Rabu 29 Maret 2017. ”Beasiswa ini sebagai wujud peduli peningkatan kualitas pendidikan di NTB,” kata Prijono.

Saat ini, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi NTB berada di peringkat 30 dari 34 Provinsi (tahun 2015), sementara itu rata-rata lama sekolah menempati peringkat 33 dari 34 Provinsi. Angka harapan lama sekolah di NTB cukup tinggi, menempati peringkat 9 dari 34 Provinsi. Kehadiran BI dalam pemberian beasiswa ini diharapkan mampu mendukung optimisme tersebut untuk meningkat lebih tinggi lagi. Bank Indonesia memberikan beasiswa di Provinsi NTB sejak tahun 2009.

Seleksi administrasi beasiswa yang diikuti mahasiswa dari perguruan tinggi yang bekerjasama dengan BI, yaitu Universitas Mataram dan IAIN Mataram dimulai 6 – 8 Maret 2017
dilanjutkan seleksiwawancara, 15 – 16 Maret 2017.

Delapan puluh mahasiswa tersebut akanbergabung di komunitas GenBI yang sudah terbentuk di Indonesia sejak tahun 2003 dan di NTB sejaktahun 2011. GenBI diharapkan dapat menjadi wadah berekspresi generasi muda, khususnya bagi penerima beasiswa BI, yang diwujudkan dalam berbagai macam kegiatan aktualisasidiri (kegiatansosial, karyatulis, pelatihan dan pengembangandiri, dll). ”Kami harapkan GenBI dapat menjadi tumpuan masa depan bangsa, dengan kecerdasan hardskil lmaupun softskill yang dimiliki,” ujar Prijono.

Tahun 2017 ini terdapat peningkatan nominal beasiswa yang disalurkan ke mahasiswa, dari semula Rp500 ribu per bulan menjadi Rp750 ribu per bulan.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here