MATARAM – Untuk pertama kalinya, di Nusa Tenggara Barat (NTB) diresmikan PI Mart tampilan baru. PI Mart, Kios Resmi Pupuk Indonesia di Sikur Lombok Timur dilaunching oleh Manager PSO 1 PT Pupuk Kaltim Muhammad Yusri, Kamis 2 Maret 2017 sore.

Hadir Direktur Komersil Pupuk Kaltim Gatoet Gembiro Noegroho, yang sekaligus melakukan pemotongan pita, tanda diresmikannya Kios PI Mart UD Agustani milik Jumadil di Desa Montong Baan Kecamatan Sikur.

Menurut Muhammad Yusri, adanya kios ini dalam upaya menyukseskan program ketahanan pangan nasional, melalui kemudahan pelayanan dan pengadaan pupuk bagi petani. Sebagai kebijakan Pupuk Indonesia Persero selaku holding company produsen melalui anak perusahaannya, mengintruksikan penyesuaian desain tampilan kios yang ada di masing-masing wilayah pemasaran, menggunakan desain Pupuk Indonesia dengan nama seragam. ”Keberadaan PI Mart untuk mempermudah masyarakat di sekitar wilayah pemasaran, ” katanya.

PI Mart untuk mendapat informasi produk pupuk bersubsidi maupun non subsidi. Serta mempermudah pemnyediaan berbagai jenis kebutuhan pupuk. Diharapkan penyeragaman seluruh kios yang berada di wilayah pemasaran produsen pupuk dibawah naungan Pupuk Indonesia Persero dapat berjalan dengan baik.

Saat ini, PT Pupuk Kaltim menyuplai kebutuhan 1.239 kios yang dibawahi 28 distributor menyalurkan 125 ribu ton pupuk urea se NTB.

Menurut Kepala Cabang PT Pupuk Kaltim di NTB Rachmansyah Ka’bah, kios PI Mart ini sebagai one stop shoping. Tampilan kios seperti ini. lengkap bukan hanya pupuk subsidi. juga ada non subsidi. ” Juga untuk memenuhi kebutuhan petani non subsidi. baik urea maupun NPK,” ucapnya.

Di NTB saja, selama tahun 2016 lalu disuplai 139 ribu ton. Namun tahun 2017 alokasinya menurun menjadi 125 ribu ton. ”Penyebabnya anggaran dari pemerintah. Tetapi biasanya akan ada tambahan,” katanya.

PT Pupuk Kaltim menghasilkan pupuk Urea sebanyak 3,5 juta ton setahun produksi. Pupuk subsidi 1,4 juta ton. Agustani menyediakan kebutuhan enam kelompok tani di sana yang jumlah anggotanya sebanyak 240 orang petani. Rata-rata setahunnya menyalurkan 100 ton pupuk.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here