MATARAM – Selasa 9 Agustus 2016, sebanyak 120 orang pelajar tingkat SMA dan sederajat Kota Mataram menerima beasiswa pendidikan dari PT. HM Sampoerna Tbk. yang disalurkan melalui Putera Sampoerna Foundation.

Beasiswa sebesar Rp 3 juta untuk satu tahun masa pendidikan bagi tiap siswa penerima tersebut diserahkan di Pendopo Walikota Mataram, disaksikan oleh Walikota Mataram Ahyar Abduh, Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram Sudenom, anggota DPRD Kota Mataram I Gede Sudiartha dan juga anggota Komisi XI DPR RI Wilgo Zainar, serta para orangtua dari pelajar penerima beasiswa.

Manager Regional Relation dan CSR PT. HM Sampoerna Tbk. Arga Prihatmoko mengatakan bahwa beasiswa yang diberikan melalui payung program Corporate Social Responsibility (CSR) “Sampoerna Untuk Indonesia” ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung dan meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas bagi para pelajar berprestasi khususnya yang berasal dari keluarga pra sejahtera. ‘’Kami berharap sumbangsih ini ikut menciptakan perubahan positif,’’ katanya.

Adanya beasiswa tersebut sekaligus memotivasi pelajar lain agar dapat tergerak untuk terus meraih prestasi dan menjadi SDM yang unggul dalam menghadapi tantangan global ke depan.

Menanggapi beasiswa yang diberikan kepada para pelajar Kota Mataram tersebut, Walikota Mataram Ahyar Abduh mengaku bangga karena ternyata ada banyak pihak yang ikut memikirkan anak-anak kurang mampu Kota Mataram yang berprestasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Diharapkan, dana yang diberikan dapat diatur kemanfaatannya sebaik-baiknya oleh pelajar penerima manfaat maupun oleh orangtuanya. Pemerintah memang memberikan anggaran cukup besar untuk pendidikan. ‘’Tapi tidak akan bisa semua ditangani oleh pemerintah tanpa partisipasi dari pihak lain,’’ ujarnya.

Menurutnya, anak-anak merupakan harapan bagi masa depan yang akan mewarisi masa depan bangsa dan negara. Karena itu dirinya berharap agar anak-anak Kota Mataram dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk belajar, meningkatkan intelektualitas, karena pada akhirnya mereka yang akan melanjutkan apa yang telah berhasil dicapai pada saat ini. “Betapa tenang hati ini menyaksikan anak-anak yang cerdas dan berakhlakul karimah yang akan menggantikan kita, ‘’ ucapnya.
.
Anggota Komisi XI DPR RI Wilgo Zainar mengatakan bahwa kepedulian yang telah ditunjukkan oleh PT. Sampoerna Tbk. patut diapresiasi. Meskipun saat ini negara tengah dalam kondisi sulit, namun dirinya meminta masyarakat tidak khawatir terkait dengan pendidikan karena negara akan tetap hadir bersama pihak-pihak yang peduli. Apalagi saat ini siap atau tidak, era globalisasi telah dibuka sehingga persaingan akan semakin ketat. Selain itu ia juga mengingatkan orangtua agar tidak menyalah gunakan beasiswa yang telah diberikan. “Tolong dimanfaatkan untuk pendidikan, jangan untuk uang muka sepeda motor,’’ katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here